Bocah Berumur 14 Tahun Lakoni Debut di Premier League Irlandia

Football5Star.com, Indonesia – Baru-baru ini, publik sepak bola dunia dibuat terkesima oleh Ansu Fati yang melakoni debut bersama Barcelona pada pentas LaLiga dalam umur 16 tahun. Fenomena itu berlanjut. Sabtu (21/9/2019) dini hari WIB, seorang bocah berumur 14 tahun melakoni debut di Premier League Irlandia. Namanya Evan Ferguson.

Evan Ferguson masuk skuat Bohemian FC yang didera badai cedera saat melawat ke kandang Derry City. Bukan hanya menjadi pelengkap skuat, sang bocah merasakan debut meskipun hanya jadi cameo. Oleh manajer Keith Long, dia dimasukkan pada menit ke-90 sebagai pengganti Luke Wade-Slater.

thesun.ie

Di Premier League Irlandia, ini sebetulnya bukan fenomena baru. Pemain di “bawah umur” menjalani debut sudah beberapa kali terjadi. Salah satunya pada 29 November 2017. Kala itu, Glenavon FC memercayakan gawang kepada bocah berumur 14 tahun bernama Conner Byrne.

Kembali kepada Evan Ferguson, putusan Keith Long memberikan debut pada umur sedemikian belia bukan tanpa alasan. Setidaknya, pada pramusim lalu, sang pemain tampil memukau saat menghadapi Chelsea dalam uji tanding.

Pada pertandingan yang berakhir 1-1 itu, Ferguson punya andil besar walaupun baru masuk pada menit ke-67. Dialah yang memberikan assist kepada Eric Molloy untuk membuat gol penyama kedudukan jelang pertandingan usai. Pertandingan tersebut merupakan debut Frank Lampard sebagai manajer Chelsea.

Kiprah apik bocah berumur 14 tahun itu merusak catatan Frank Lampard. Pasalnya, gara-gara assist Evan Ferguson kepada Eric Molloy, debutnya sebagai manajer Chelsea urung berbuah kemenangan.

Bohemian FCChelseaEvan FergusonKeith LongLiga Irlandia