BOPI: PT LIB Masih Amburadul Urus Kompetisi

Football5star.com, Indonesia – Penyelenggaraan kompetisi nasional, Liga 1 dan Liga 2 mendapat sorotan tajam dari BOPI. Beberapa poin seperti penundaan pertandingan serta kualitas perangkat pertandingan jadi evaluasi badan pimpinan Richard Sambera itu.

Menurut keterangan pers yang dikeluarkan, BOPI juga menyoroti masalah kedisiplinan penonton. Mulai dari yang menerobos masuk ke lapangan, hingga pelemparan terhadap bus tim tamu di stadion. Richard menghimbau PSSI untuk lebih menerapkan hukuman yang efektif.

“Sebaiknya Komisi Disiplin PSSI tidak hanya menjatuhkan denda, tapi bisa berubah hukuman lain lebih keras, misalnya pengurangan poin pada klub yang melanggar,” kata Richard.

Irfan Jaya - Persebaya Surabaya vs Badak Lampung - Liga 1 - persebaya. id
liga-indonesia.id

Surat evaluasi ini keluar setelah adanya pertemuan antara BOPI dan PT LIB di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga pada 6 September 2019 lalu. Nantinya, evaluasi berkala lebih mendalam akan dilakukan terhadap dua kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

“Kami memberi perhatian serius pada penundaan jadwal beberapa pertandingan yang meleset dari agenda kompetisi, sehingga berdampak buruk secara berantai pada jadwal selanjutnya. Selain itu juga terkait kuantitas dan kualitas wasit, serta titik lemah pada panitia pelaksana lokal,” kata Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera.

Salah satu contoh yang disorot Richard adalah penundaan pertandingan antara Badak Lampung FC melawan Persela Lamongan pada 3 Agustus 2019 lalu. Laga batal digelar karena panitia pelaksana tidak siap terkait adanya acara Pekan Raya Lampung pada saat bersamaan. Padahal, skuat Laskar Joko Tingkir sudah tiba di Tanah Siger.

“Kami berharap PT LIB dan panpel lokal lebih intens berkomunikasi, termasuk dengan pemangku kepentingan keamanan setempat, sehingga hal-hal seperti ini bisa diantisipasi lebih baik,” ungkapnya.

Comments
Loading...