Borussia Dortmund Akhirnya Bentuk Tim Wanita

Football5star.com, Indonesia – Tidak semua klub Eropa memiliki tim wanitanya. Salah satunya adalah Borussia Dortmund. Namun, mereka sudah punya rencana membentuk tim wanita.

Seperti dilansir dari laman resmi klub, Borussia Dortmund akan membentuk tim wanitanya mulai musim 2021-2022. Sebagai tim baru, Dortmund Fraun akan tampil pada kasta terbawah liga, yakni Kreisliga B di Westfalen.

Sebagai informasi, Kreisliga B adalah kompetisi divisi ke delapan dalam piramida sepakbola wanita di Jerman. Mengawali kompetisi dari kasta paling bawah, Dortmund Fraun mencanangkan waktu setidaknya selama 10 tahun untuk menembus kasta tertinggi, yakni Bundesliga.

Dortmund akan memulai semuanya dari awal. Mereka tidak akan mengambil lisensi klub lain. Manajemen menegaskan akan mengembangkan sepak bola wanita secara bertahap.

“Semua yang kami lakukan di BVB harus intens, emosional, dan ambisius. Kami berjuang untuk kondisi profesional di bidang ini. Penting bagi kami untuk memperkuat sepak bola wantia secara lebih luas,” kata Direktur Pelaksana klub, Carsten Cramer.

Langkah Borussia Dortmund ini patut diacungi jempol. Saat ini mereka tercatat sebagai satu-satunya tim yang tersisa di antara 16 tim teratas Eropa yang belum memiliki tim wanita. Adapun mereka mengikuti langkah rival abadinya, Schalke 04, yang beberapa waktu lalu juga membentuk tim wanita.

Sementara itu, Jerman memang dikenal sebagai salah satu kekuatan dunia di bidang sepak bola wanita. Tercatat mereka sudah dua kali memenangkan Piala Dunia.

Di tingkat klub, tim-tim asal Jerman juga cukup disegani. Salah satunya Wolfsburg yang musim 2019-2020 menjadi finalis Liga Champions.

Borussia DortmundBundesliga