Borussia Dortmund Imbang, Marco Reus Merasa Berdosa

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund meraih hasil mengecewakan pada lanjutan Liga Jerman, Sabtu (16/1/2021). Marco Reus cs. secara mengejutkan ditahan 1-1 oleh 1.FSV Mainz 05 di kandang sendiri, Stadion Signal Iduna Park.

Kegagalan Dortmund meraih kemenangan tak terlepas dari kegagalan Reus dalam mengeksekusi penalti pada menit ke-76. Alih-alih mengancam gawang yang dijaga Robin Zentner, tendangan kapten Dortmund itu justru melebar.

Selepas pertandingan, Reus secara kesatria mengakui kesalahannya. Bukan hanya soal penalti yang gagal berbuah gol, melainkan juga tentang peluang emas yang gagal dimanfaatkan dengan baik pada babak pertama.

“Aku harus meminta maaf kepada tim. Pada babak pertama, aku punya peluang emas untuk membuat kedudukan 1-0. Lalu, pada babak kedua dengan tendangan penalti,” kata Marco Reus selepas laga seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1. “Aku bisa menentukan hasil pertandingan. Namun, aku tak mampu melakukan hal itu pada hari ini. Aku minta maaf.”

Kegagalan Reus mengeksekusi penalti dengan baik memang mengesalkan. Pelatih Edin Terzic tak ragu mengungkapkan kekesalannya. “Itu benar-benar mengesalkan. Kami tahu tahu itu. Dia tahu itu. Namun, itu adalah bagian dari sepak bola, tak perlu menyalahkan dia.”

Reus Soroti Pemanfaatan Peluang

fearthewall.com

Kegagalan penalti Marco Reus jadi puncak ketidakefektifan Borussia Dortmund dalam memaksimalkan peluang. Sepanjang pertandingan, mereka memberondong gawang Mainz dengan 17 tembakan yang 7 di antaranya akurat. Namun, hanya satu yang berbuah gol.

Reus menilai pemanfaatan peluang yang buruk jadi sebab utama kegagalan Dortmund meraih poin penuh atas Mainz. “Kami punya banyak peluang. Ketika gagal memanfaatkannya, tentu saja sulit untuk memenangi pertandingan,” kata dia.

Ucapan Reus diamini sang pencetak gol Dortmund, Thomas Meunier. Namun, bek asal Belgia itu mengungkapkan faktor lain. “Kami menciptkan begitu banyak situasi berbahaya di depan, tapi panik saat diserang balik. Kami harus lebih baik lagi dalam bertahan,” ucap dia.

Hanya menuai hasil imbang, Borussia Dortmund masih tertahan di posisi ke-4 klasemen sementara Liga Jerman dengan koleksi 29 poin, sama dengan Bayer Leverkusen. Marco Reus cs. terpaut 4 poin dari Bayern Munich yang akan melakoni laga spieltag ke-16 pada Minggu (17/1/2021).

1.FSV Mainz 05Borussia DortmundBundesligaLiga JermanMarco Reus