Dortmund Kalah, Favre Sebut VAR Tidak Masuk Akal

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Borussia Dortmund,  Lucien Favre, menganggap kebijakan penggunaan VAR dalam sepak bola tidak masuk akal. Baru-baru ini, timnya dirugikan oleh teknologi bantuan video tersebut dalam pertandingan Derbi Ruhr melawan Schalke 04, Sabtu (27/4) malam.

Kedudukan masing 1-0 untuk Dortmund ketika Julian Weigl divonis handball di dalam kotak penalti. Berdasarkan pantauan VAR, bola menyentuh tangan pemain berusia 23 tahun tersebut. Momen ini yang menjadi kebangkitan Schalke.

Schalke bangkit dan berbalik unggul 3-1 hingga pertengahan babak kedua. Salif Sane dkk pun pada akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan 4-2. Die Knappen menjadi tim pertama yang berhasil menundukkan Die Rotten di Signal Iduna Park musim ini.

twitter: @BVB

“Terkadang, sepak bola menjadikan diri mereka bahan tertawaan. Soal Julian, lantas apa yang seharusnya dilakukan seorang pemain? Memotong tangannya? Perburuan gelar sudah berakhir, aku tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya,” kata Favre dikutip dari BBC.

Kekalahan ini membuat Dortmund berpotensi semakin tertinggal dari Bayern Munich yang berada di puncak klasemen. Bayern unggul satu angka dengan keunggulan satu pertandingan karena baru akan bertanding nanti malam melawan Nuernberg.

“Orang-orang yang membuat peraturan seperti ini tidak pernah berkaca. Aku tidak mengerti apa pertimbangan mereka ketika mengeluarkan keputusan ini,” kata Favre melanjutkan. VAR memang masih menuai pro dan kontra pada beberapa pihak. Namun, beberapa liga top Eropa sejauh ini masih konsisten menerapkan teknologi bantuan video tersebut.

Comments
Loading...