Dortmund Tuding Jadwal Bundesliga 1 Untungkan Bayern

Football5Star.com, Indonesia – Jumat (28/6/2019), Deutscher Fussball Liga (DFL) merilis jadwal lengkap Bundesliga 1 musim 2019-20. Jadwal itu ditanggapi negatif oleh Borussia Dortmund. Direktur Olahraga Michael Zorc secara implisit menuding DFL lebih menguntungkan Bayern Munich.

Hal yang dikeluhkan Borussia Dortmund adalah soal jadwal tanding selepas enam laga fase grup Liga Champions. Dalam jadwal Bundesliga 1 musim 2019-20, Die Schwarzgelben harus melakoni laga tandang setelah berjibaku pada fase grup Liga Champions. Sebaliknya, Bayern mendapatkan lima laga kandang.

“Setiap kali setelah laga Liga Champions, entah itu di kandang ataupun tandang, kami harus melakoni laga tandang di Bundesliga. Ini jelas tidak bagus,” ujar Michael Zorc seperti dikutip Football5Star.com dari Kicker.

Hal yang sangat mungkin membuat kubu Borussia Dortmund meradang, setidaknya ada dua laga tandang penting setelah Marco Reus dkk. melakoni laga pada fase grup Liga Champions. Pertama, Derbi Lembah Ruhr menghadapi FC Schalke 04. Kedua, Der Klassiker melawan Bayern.

Menanggapi hal itu, juru bicara DFL menilai jadwal Bundesliga 1 musim 2019-20 tidak dibuat untuk menguntungkan Bayern dan merugikan Dortmund. Jadwal tersebut, kata sang juru bicara, dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan seluruh tim.

“Jadwal ini adalah hasil pertimbangan semua hal untuk klub-klub Bundesliga 1 dan Bundesliga 2, termasuk soal pengamanan dan permintaan klub-klub. Dalam kasus Borussia Dortmund, DFL telah sebisa mungkin memenuhi permintaan yang diajukan,” kata sumber tersebut.

Kebalikan dari Musim Lalu

Keluhan Michael Zorc soal jadwal Bundesliga 1 musim 2019-20 yang merugikan Borussia Dortmund memang penuh subjektivitas. Pasalnya, musim lalu, justru Bayern yang melakoni banyak laga tandang setelah melakoni fase grup Liga Champions. Hanya sekali Die Roten tampil di kandang.

Hasilnya, dalam lima laga tandang setelah laga fase grup Liga Champions, Bayern menangguk empat kemenangan dan satu kekalahan. Sementara itu, satu-satunya laga kandang berakhir kekalahan.

Sebaliknya, Borussia Dortmund justru mendapatkan lima laga kandang dan satu laga tandang setelah fase grup Liga Champions 2018-19. Hasilnya, empat kali menang dan sekali seri di kandang. Adapun satu-satunya laga tandang berakhir imbang.

Comments
Loading...