Breaking News: Ernesto Valverde Resmi Dipecat Barcelona

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona pada Senin (14/1/2020) resmi mengumumkan bahwa mereka memecat Ernesto Valverde dari posisi manajer tim. Kepastian tersebut langsung diumumkan melalui akun media sosial mereka.

Akan tetapi, pihak Blaugrana tak menjabarkan secara pasti alasan mereka untuk memecat Valverde. Namun, prestasi Barcelona yang cenderung menurun beberapa tahun terakhir disinyalir menjadi alasan utama.

“FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak yang menyatukan kedua belah pihak,” tulis rilis yang dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub.

Lebih lanjut, pihak klub pun mengucapkan rasa terima kasih mereka atas dedikasi Ernesto Valverde yang bergabung sejak 2017 silam. Barcelona pun mengharap masa depan terbaik bagi pelatih berusia 55 tahun itu.

“Klub secara terbuka menyatakan terima kasih kepada Ernesto Valverde atas profesionalisme, komitmen, dedikasinya, dan perlakuan positif yang selalu diberikannya terhadap semua yang membentuk keluarga Barca. Kami berharap dia beruntung dan sukses di masa depan.”

Ernesto Valverde adalah pelatih tim utama FC Barcelona untuk 163 pertandingan resmi. Tercatat, tim yang ia latih telah memenangkan 108 (66,25%), 35 imbang (21,47%) dan 20 kekalahan (12,26%).

Selama waktu itu ia telah mengklaim empat trofi sebagai pelatih. Diantaranya adalah dua gelar La Liga, satu Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol.

Pada musim 2019/20, Barca mengakhiri paruh pertama sebagai pemuncak klasemen bersama Real Madrid. Barca pun berhasil lolos ke babak 16 terakhir Liga Champions. Pekan lalu Barca tersingkir dari Piala Super Spanyol di semifinal melawan Atlético Madrid.