BREAKING: UEFA Pastikan EURO 2020 Ditunda Sampai 2021

Football5star.com, Indonesia – UEFA akhirnya memutuskan menunda turnamen EURO 2020 pada Selasa (17/3/2020). Kompetisi di Benua Biru itu baru akan digelar pada 2021.

EURO tahun ini akan ditunda untuk memberikan peluang bagi liga-liga domestik di Eropa menyelesaikan musim kompetisi. Ini juga supaya menghindari kerugian miliaran euro atas bisnis mereka.

Keputusan, yang diambil oleh Komite Eksekutif UEFA, menyusul pertemuan konferensi video yang diadakan Selasa (17/3/2020).

Rapat diikuti presiden dan sekretaris jenderal dari 55 asosiasi nasional, serta perwakilan dari Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa, dan FIFPro Eropa, yang diselenggarakan oleh Presiden UEFA Aleksander Čeferin.

Pertemuan dilakukan untuk menemukan rencana yang koheren untuk memecah kebuntuan perlengkapan karena penyebaran virus corona di seluruh benua.

“Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain, harus menjadi prioritas nomor satu kami. Dengan semangat itu, UEFA mengajukan serangkaian opsi sehingga kompetisi dapat selesai musim ini dengan aman,” bilang Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Pandemi virus Corona di benua Eropa telah menyebabkan otoritas sepak bola di sejumlah negara menangguhkan aktivitas olahraga khususnya sepak bola.

Misalnya, Italia yang menjadi negara terparah yang terpapar virus Corona di Eropa, telah menangguhkan Serie A dan liga-liga lainnya selama dua pekan.

Federasi sepak bola Italia juga telah meminta EURO 2020 ditunda dengan harapan bisa menyelesaikan Serie A yang tertunda karena virus Corona.

Pada akhirnya, UEFA memutuskan EURO tahun ini akan ditunda selama setahun dan akan dilangsungkan 11 Juni – 11 Juli 2021.

“Saya bangga dengan respons rekan-rekan di seluruh sepak bola Eropa. Ada semangat kerja sama yang nyata, dengan semua orang mengakui bahwa mereka harus mengorbankan sesuatu untuk mencapai hasil terbaik,” ucap Aleksander Ceferin lagi.

Aleksander CeferinEURO 2020UEFA