Bruno Fernandes, dari Putus Sekolah Hingga Jadi Top Skorer Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Meski gagal membawa Manchester United juara, Bruno Fernandes, berhasil keluar sebagai top skorer Liga Europa. Untuk menjadi pemain penting seperti saat ini, Bruno sebenarnya melalui kariernya sebagai pesepak bola dengan tak mudah.

Fernandes berhasil mencetak delapan gol sepanjang turnamen kedua sepak bola Eropa ini. Dia meraih delapan gol itu dengan dua tim, yakni Sporting Lisbon dan Manchester United dengan jumlah 811 menit bermain. Pemain asal Portugal itu sukses menyingkirkan Romelu Lukaku sebagai pesaing dekat yang mencetak tujuh gol.

Sebenarnya, beberapa gol Bruno Fernandes sempat krusial buat Manchester United. Salah satunya saat gol semata wayangnya membawa Manchester United menang atas Copenhagen menit ke-95 dan akhirnya lolos ke babak semifinal.

Putus Sekolah

Bruno Fernandes ternyata rela putus sekolah saat muda karena demi mengejar impian sebagai pesepak bola. Pendidikannya saat itu terhenti di kelas 11. Dia kemudian mengenyam pendidikan sepak bola di Boavista.

Akan tetapi, Fernandes memutuskan bergabung dengan tim Serie B, Novara, 2012 lalu dalam karier seniornya. Masih berusia 17 tahun kala itu, Fernandes tampak kesulitan beradaptasi. Alhasil, dia cuma bertahan selama semusim.

instagram.com/brunofernandes.10

Udinese yang melihat bakat terpendam Fernandes akhirnya datang menawarinya kontrak. Bruno Fernandes akhirnya memulai debut di Serie A pada 3 November 2013. Kariernya di sana melesat hingga mampu membawa tim mentas di Eropa. Total selama tiga musim, dia berhasil mengemas 11 gol dan 13 assists dalam 97 pertandingan.

Dia lantas hijrah ke Sampdoria. Kariernya kembali tak secermelang ketika di Udinese karena mengalami cedera. Total, dia hanya berhasil mengemas lima gol dan dua assist, Tapi, Sporting Lisbon tak ragu dengan hal it yang kemudian memboyongnya kembali ke Portugal, 2017.

Nah, bersama Sporting Lisbon ini Bruno Fernandes mengukir banyak prestasi. Musim perdananya saja, dia sukses mencetak 15 gol serta 12 assist buat Sporting di semua kompetisi. Musim berikutnya lebih apik, dia berhasil mencetak total 23 gol dan 14 assist. Lalu musim terakhirnya pun Bruno Fernandes masih istimewa dengan catatan 13 gol dan 10 assist sebelum ke Manchester United.

Statistik Bruno Fernandes Musim 2019-2020:

Sporting CP di Liga Europa: 5 Laga, 5 gol, 3 assist
Sporting CP di Liga Portugal: 17 laga, 8 gol, 7 assist
Manchester United di Liga Inggris: 14 aga, 8 gol, 7 assist
Manchester United di Liga Europa: 5 laga, 3 gol, 1 assist
Manchester United di Piala FA, 3 laga, 1 gol
Total: 44 aga, 25 gol, 18 assist

Bruno FernandesLiga EuropaManchester UnitedSporting CP