Bryan Gil, Winger Eibar yang Diprediksi Bakal Melesat oleh Ivan Rakitic

Football5Star.com, Indonesia – Laga Eibar vs Atletico Madrid, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB, memang bukan laga besar. Namun, bukan berarti laga itu tanpa daya tarik. Salah satunya adalah winger tuan rumah yang baru berumur 19 tahun, Bryan Gil.

Pesona Gil sudah memukau Ivan Rakitic, pemain Kroasia yang musim ini kembali dari Barcelona ke Sevilla. Begitu tiba di markas Sevilla, dia terkesan melihat seorang pemain muda dengan kemampuan apik. Dia makin terpukau menyaksikan kiprah pemain berumur 19 tahun itu bersama Eibar, klub yang meminjamnya dari Los Nervionenses.

“Jika harus menyoroti seseorang, saya akan mengatakan dia adalah Bryan Gil yang bermain untuk Eibar sebagai pemain pinjaman. Dia anak yang luar biasa dan saya yakin dia punya masa depan sangat cerah,” kata Ivan Rakitic seperti dikutip Football5Star.com dari Diario de Sevilla.

Performa Gil bersama Eibar terbilang mencolok. Sebagai winger, dia bukan hanya apik dalam menyerang, melainkan juga solid saat membantu pertahanan.

Gil termasuk pemain dengan dribel dan umpan kunci terbanyak. Dalam dua kategori itu, dia berada di 10-besar di Liga Spanyol. Dia rata-rata melepas 2 umpan kunci dan 2,3 dribel per laga. Di antara para pemain yang ada di 10-besar itu, dia juga yang termuda.

Peran Gil bagi Eibar diakui pelatih Jose Luis Mendilibar. “Dia itu pemain yang jadi pembeda bagi kami. Dia dapat menggiring bola dari lapangan sendiri ke wilayah lawan. Jika kami lebih baik sebagai tim, dia akan punya lebih banyak opsi untuk melakukan hal-hal itu lebih dekat ke wilayah lawan,” urai dia kepada La Colina de Nervion.

grada3.com

Itu bukan basa-basi. Buktinya, Mendilibar menjadikan Gil sebagai salah satu pemain andalan di starting XI Eibar. Dari 11 kali tampil, hanya 1 kali sang winger turun sebagai pengganti.

Hal lain yang menonjol dari Gil adalah etos kerjanya. Hal ini disoroti Andoni Azkargorta, tangan kanan Mendilibar. “Fisiknya memang harus harus ditingkatkan lagi. Namun, hal yang luar biasa adalah caranya berlatih. Setelah sesi latihan, dia tak segera meninggalkan lapangan. Dia berlatih melepaskan tendangan. Sungguh pemain yang kompetitif,” kata Azkargorta kepada El Pais.

Gil Kejutkan Pemain-Pemain Eibar

Getty Images

Ketika Bryan Gil akhirnya berhasil dipinjam dari Sevilla, tak sedikit dari para pemain Eibar terkejut. Mereka tak menduga seorang talenta bagus dilepas oleh Los Nervionenses.

“Hari pertama dia tiba di Eibar, kami bertanya satu sama lain, ‘Bagaimana bisa Sevilla melepas pemain ini?” kata Rober Correa saat diwawancara oleh Vamos.

Toh, itu tak terlepas dari kemauan Gil. Sadar kesempatan mentas terbatas jika tetap bersama Sevilla, dia memilih dipinjamkan. Dia sadar, menit bermain sangatlah penting untuk pemain seusianya. Dia mengakui Eibar bukan klub besar, tapi punya permainan memikat di lapangan.

Saat tiba di markas Los Armeros, seperti dikutip Mundo Deportivo, Bryan Gil berkata, “Aku berharap dapat memenuhi target (lolos dari degradasi). Selain itu, aku ingin menimba pengalaman dan dan berkembang lagi sebagai pesepak bola. Aku di sini untuk menolong tim dan ini peluang juga untukku.”

Putusan menerima pinangan Eibar juga sudah dipertimbangkan masak-masak. Gil mengaku sempat meminta pendapat dari beberapa rekannya yang juga berstatus pemain pinjaman di Los Armeros. Di antaranya Kevin Rodrigues, Recio, dan Alejandro Pozo.

“Mereka bicara hal yang baik-baik kepadaku. Mereka mendorongku untuk datang dan aku berterima kasih kepada mereka,” ucap Gil yang terkesan oleh cara Mendilibar melatih.

Akhir pekan ini, menghadapi Atletico Madrid yang memimpin klasemen sementara Liga Spanyol, Bryan Gil dapat mencuri perhatian publik sepak bola dunia. Tentu saja dengan aksi-aksinya di sisi kiri permainan Eibar.

Bryan GilEibarIvan RakiticLaLigaLiga SpanyolSevilla