Bui Tien Dung yang Menuliskan Sejarah untuk Vietnam

Football5star.com, Indonesia – Vietnam menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang tersisa di Piala Asia 2019. Vietnam lolos ke babak 8 besar Piala Asia setelah mengandaskan perlawanan Yordania lewat drama adu penalti. Dalam drama adu penalti itu, terselip satu nama yang tak akan pernah dilupakan: Bui Tien Dung.

Bui Tien Dung layak disebut dengan Right Man at the right time. Kemenangan adu penalti Vietnam atas Yordania pada 20 Januari 2019 ditentukan oleh sepakan Bui Tien Dung dan membuat skor 4-2.

Bui Tien Dung melepaskan sepakann yang mengecoh kiper Yordania, Amer Shafi. Sepakan ini membawa memori manis setahun silam kembali datang.

Pada 20 Januari 2018, Bui Tien Dung juga menjadi pahlawan kemenangan Vietnam. Ia menjadi eksekutor terakhir Vietnam pada babak perempat final Piala AFC U-23 2018. Saat itu, mereka melawan Iraq dan berhasil lolos ke babak semifinal. Pada Piala AFC U-23 2018, mereka harus puas menjadi runner up setelah dikalahkan Uzbekistan di final.

Pada babak normal, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1. Yordania unggul lebih dulu lewat sepakan Baha’ Abdel-Rahman di menit ke-39. Di babak kedua, Nguyen Cong Puonh membawa Vietnam menyamakan kedudukan di menit ke-51.

Sementara itu, Thailand, anggota Asia Tenggara lain yang juga lolos ke babak 16 besar harus terhenti langkahnya di kaki Cina dengan skor 2-1.Vietnam memikul tanggung jawab berat untuk bisa membawa nama Asia Tenggara melejit di kancah Piala Asia.

Pada babak perempat final Piala Asia 2019, Vietnam menunggu pemenang laga Jepang melawan Arab Saudi. Semoga sukses, Dragon!

Comments
Loading...