Bukan Hasil, Keinginan Shin Tae-yong Jajal Tim Kuat yang Harus Dipuji

Football5Star.com, Indonesia – Keberanian Shin Tae-yong memilih lawan kuat buat Timnas U-19 Indonesia harus diapresiasi, meski hasilnya kurang maksimal. Hal itu disuarakan oleh pelatih Madura United yang melihat peningkatan signifikan di tubuh Garuda Muda.

Memang, selama di Kroasia Timnas U-19 mendapatkan kesempatan menjajal lawan-lawan kuat. Sejauh ini ada empat negara yang sudah dicoba mereka, yakni Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi, dan teranyar dua kali melawan Qatar U-19. Selanjutnya mereka jua akan menghadapi Bosnia & Herzegovina serta Dinamo Zagreb.

Hasil Timnas U-19 di Kroasia memang tak terlalu mengilap. Mereka baru meraih satu kemenangan, dua imbang, dan dua kalah dalam lima laga yang sudah dijalankan. Tapi, Rahmad Darmawan mengapresiasi Shin Tae-yong.

“Yang pasti saya gak akan begitu peduli sama hasil di masa persiapan, karena ini kan baru dominan membangun kondisi fisik ya Shin Tae-yong,” kata Rahmad Darmawan saat dihubungi warawan.

“Jadi sangat wajar menurut saya kalau di awal-awal permainan kita ketika menghadapi tim-tim sebelumnya ya kita dominan kalah banyak. Karena satu tingkat kebugaran fisik kita itu belum mencapai satu level yang diinginkan, dan bahkan cenderung memang masih dalam kelelahan karena latihan yang berat,” sambung dia.

Lawan Tim Kuat Harus Diapresiasi

Pada masa pembentukan otot itu, kata Rahmad, pasti akan sedikit berkurangnya tingkat fleksibilitas, kecepatan, reaksi pemain. Karena faktor kelelahan akibat kerja otot yang cukup loading dibuat oleh pelatih untuk membangun kondisi fisik.

Nah jadi itu sangat biasa, nah yang saya agak heran itu memang Shin Tae-yong sangat berani memilih lawan yang berat di masa persiapan. Tentu memang resikonya ada, resikonya yaitu tadi kalah banyak kan kalau lawan tim yang berat,” papar RD.

Padahal kebanyakan tim dalam masa persiapan membangun kondisi fisik rata-rata beruji coba lawan tim yang setidaknya selevel. “Tapi Shin Tae-yong punya satu prinsip atau seni melatih yang berbeda dan itu harus dihargai karena mungkin dia sekaligus mau memberikan pengalaman ya kepada pemain-pemain muda kita untuk dibiasakan menghadapi tim-tim yang kualitasnya di atas kita,” tutup dia.

Rahmad DarmawanShin Tae-yongTimnas U-19 Indonesia