Bukan Indonesia, Vietnam Lebih Berjasa Bagi Alfred Riedl

Football5star.com, Indonesia – Mantan pelatih timnas Indonesia dan Persebaya Surabaya, Alfred Riedl ternyata memiliki kenangan tersendiri di negara Vietnam. Menurut Riedl dirinya memiliki hutang budi pada negara tersebut.

Pada Maret 2007, Riedl seperti dikutip Football5star.com dari weltfussball, Senin (27/4/2020) mendapat donor ginjal dari orang Vietnam. Hal ini yang membuat kesehatan Riedl tertolong saat itu.

13 tahun berlalu, Riedl mengatakan bahwa kondisinya saat ini memang tidak terlalu baik namun hal tersebut bukan halangannya untuk terus berkarier di sepak bola. Bagi Riedl melatih di Vietnam dan Indonesia memiliki kesan tersendiri dan berbeda.

vtv.vn

Di Vietnam, Riedl dianggap sebagai Mesias Vietnam. Menurut Riedl, di Vietnam dan Indonesia, para suporter sepak bola sangat antusias.

“Orang-orang di sana benar-benar gila jika Anda berhasil. Jika saya pergi ke vietnam hari ini, orang-orang masih akan mengenali saya. Mereka akan berteriak kepada Anda. Ini juga terjadi di Indonesia,” ungkapnya.

Di usia 75 tahun, Riedl menyebut dirinya memang tidak terlalu ambisius untuk terus melatih. Ia mengatakan saat ini dirinya hanya ingin menikmati hidup.

“Saya lebih suka bermain golf dan menikmati hidup saat ini. Saya bukan orang ambisius yang akan terus mengejar sesuatu, kadang-kadang kita memang harus duduk diam di bangku cadangan,”

Saat ini Riedl tinggal di rumahnya di Pottendorf, Austria. Menurutnya ia dan sang istri tak mau keluar rumah jika kondisinya tidak mendesak.

“Saya tidak keluar sendiri, itu resiko yang sangat berbahaya bagi saya. Kadang istri saya yang usianya lebih muda yang berbelanja bersama putra saya,” tutup Riedl.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More