Bukan Leicester atau Man. City, Arsenal yang Paling Berpeluang Juara Premier League

Arsenal baru saja dikalahkan Chelsea pada akhir pekan lalu. Kekalahan itu membuat The Gunners terlempar ke peringkat ketiga klasemen sementara Premier League. Namun, mereka pantang patah semangat karena malah diprediksi oleh Stats sebagai tim yang paling berpeluang juara.

Stats adalah sebuah perusahaan statistik asal Amerika Serikat. Mereka melakukan perhitungan peluang tim Premier League dengan melakukan simulasi laga sebanyak seribu kali. Stats kemudian membagi hasilnya dengan tiga kategori, yakni peluang juara, bermain di Liga Champions, serta terdegradasi.

Menurut perhitungan Stats yang dirilis oleh The Sun, The Gunners justru memiliki peluang juara terbesar. Kans menjadi jawara mereka mencapai 45,3 persen.

Arsenal unggul tiga persen dari Man. City. The Citizens merupakan tim kedua yang memiliki peluang juara Premier League terbesar menurut Stats dengan persentase mencapai 42,3 persen.

Bagaimana dengan Leicester City? Pemimpin klasemen sementara Premier League ini diprediksi hanya memiliki peluang juara sebesar 67,1 persen. Ini membuat The Foxes diperkirakan tidak bakal mampu menjadi jawara. Namun, mereka dipercaya tetap akan lolos ke Liga Champions.

Sementara itu, Manchester United diprediksi oleh Stats tidak bakal sukses pada musim ini. Mereka disebut Stats hanya memiliki peluang lolos ke Liga Champions sebesar 48 persen. Kans itu kalah jauh dibanding Tottenham Hotspur yang mencapai 71,4 persen sehingga diyakini akan menjadi wakil Inggris di Liga Champions bersama Arsenal, Man. City, dan Leicester.

Lalu, bagaimana dengan Chelsea? The Blues diyakini tidak akan terdegradasi. Namun, peluang lolos ke Liga Champions mereka hanya 3,3 persen. Tim yang paling berpeluang terseret turun ke Divisi Championship adalah Aston Villa dan Sunderland.