Bukan Son Heung-min, Harry Maguire Sah Tendang Lawan

Football5Star.com, Indonesia – Kontroversi mewarnai kemenangan Manchester United di kandang Chelsea, Selasa (18/2/2020) dini hari WIB. Selain dua gol The Blues dianulir, Harry Maguire tak dikartu merah saat menendang Michy Batshuayi. Padahal, Son Heung-min diusir dari lapangan saat melakukan hal serupa.

Pada menit ke-21, Harry Maguire dan Michy Batshuayi terlibat insiden. Keduanya mengejar bola, lalu Maguire terjatuh setelah berhasil melakukan sapuan. Secara refleks, kapten Manchester United itu tiba-tiba menghentakkan kaki kanannya saat melihat Batshuayi menghampiri dirinya.

Insiden itu mirip dengan yang dialami Son Heung-min saat Tottenham Hotspur menghadapi Chelsea. Kala itu, dia menendang Antonio Ruediger karena merasa dilanggar. Hasilnya, pemain asal Korea Selatan itu pun diusir dari lapangan.

Akan tetapi, hal yang dialami Harry Maguire berbeda 180 derajat. Wasit Anthony Taylor tak memberikan hukuman kartu merah. Pengamatan Chris Kavanagh sebagai petugas VAR pun mengesahkan tindakan bek timnas Inggris tersebut.

Tak pelak, kontroversi merebak. Apalagi. Maguire kemudian mencetak gol kedua Manchester United. Dua pundit terkemuka, Roy Keane dan Jamie Carragher, juga sepakat mengatakan sang bek tengah sangat beruntung.

“Dia anak yang sangat beruntung. Maguire, karena kepribadiannya, seorang pria yang kalem, tapi dia jelas-jelas menendang lawan,” kata Roy Keane seperti dikutip Football5Star.com dari Sky Sports.

Carragher mengamini, “Ya, saya pikir itu harusnya kartu merah. Wasit tak melihat itu sehingga harus diputuskan lewat VAR. Inkonsistensi seperti ini membuat orang-orang muak, tapi Harry Maguire memang anak yang beruntung.”

Komentar-komentar lebih sinir berhamburan di media sosial. Di Twitter, ada yang mengatakan, mengaitkan perbedaan perlakuan terhadap Harry Maguire dan Son Heung-min dalam insiden yang sama itu dengan paspor. Maguire memegang paspor Inggris, Son Heung-min tidak.

ChelseaHarry MaguireLiga InggrisManchester UnitedPremier LeagueSon Heung-Min