Bulgaria Harus Bisa Contoh Kecintaan Indonesia kepada Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Mantan asisten pelatih timnas Indonesia era Ivan Kolev, Alexander Dimitrov baru-baru ini diangkat menjadi pelatih tim U-17 Bulgaria. Kepada media Bulgaria, Dimitrov menceritakan soal pengalamannya melatih di Indonesia.

“Awal karier kepelatihan saya di Indonesia. Saya pertama kali menjadi asisten pelatih tim Persipura bersama Ivan Kolev. Saya lalu menjadi asistennya saat menjadi pelatih tim nasional Indonesia,” ucap Dimitrov seperti dikutip Football5star.com dari dssport, Senin (23/11/2020).

Topsport

“Mungkin Anda bertanya, Indoensia? Namun di sana, kecintaan pada sepak bola sangat besar. Bahkan untuk sesi latihan tim ditonton lebih dari 5000 orang,” katanya.

“Dalam satu momen, dengan penjagaan polisi kami berjalan sejauh 5 kilometr dalam 50 menit. Publik Bulgaria harus mengingat saat-saat seperti itu. Orang Bulgaria harus mendapatkan kembali kecintaan mereka pada sepak bola,” tambahnya.

Pada Januari 2007, Alexander Dimitrov diangkat oleh PSSI dibawah kepemimpinan Nurdin Halid untuk menjadi asisten Ivan Kolev melatih tim nasional Indonesia.

Kolev saat itu menggantikan peran dari Peter White. Kepada Ivan Kolev, PSSI memberikan kontrak dua tahun dengan masa percobaan satu tahun.Mengenai nilai kontrak tersebut Nurdin menolak memberi tahu.

“Soal jumlah itu tidak penting. Tapi yang pasti bayarannya di bawah Withe,” kata Nurdin Halid saat itu.

Ivan Kolev saat itu tak hanya didampingi oleh Dimitrov sebagai asisten namun juga Syamsudin Umar, serta Bambang Nurdiansyah dan Widodo C. Putra sebagai asisten pelatih tim U-23.

Selain pernah membantu Kolev di Persipura dan tim nasional Indonesia, Dimitrov juga orang kepercayaan Kolev saat melatih Persija Jakarta pada 1999.

BulgariainternasionalIvan Kolev