Buntut Kekalahan Telak 0-6, Toni Kroos Disindir Stefan Effenberg

Football5Star.com, Indonesia – Kekalahan 0-6 yang diderita timnas Jerman dari Spanyol, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB, masih jadi perbincangan. Eks kapten Bayern Munich, Stefan Effenberg, menilai para pemain senior seperti Toni Kroos juga harus bertanggung jawab.

Effenberg memaklumi kemarahan para fan timnas Jerman terhadap pelatih Joachim Loew. Namun, menurut dia, para pemain yang berada di lapangan pun layak dihujat. Terutama mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman, tapi tak mampu membuat perubahan di lapangan.

Secara spesifik, Effenberg mempertanyakan kepemimpinan Toni Kroos yang jadi jenderal lini tengah. “Saya pikir kemarin itu sangat jelas terlihat bahwa Joshua Kimmich (yang absen) adalah pemimpin yang sebenarnya di tim ini. Artinya, bukan Toni Kroos,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari Sport1.

Joshua Kimmich disebut Stefan Effenberg sebagai sosok pemimpin sebenarnya di timnas Jerman.
Getty Images

Lebih jauh, Effenberg mengungkapkan, “Dia selama ini memang telah memberikan bakti luar biasa bagi sepak bola Jerman. Dia pun selalu jadi figur sentral di Real Madrid. Namun, jika ingin jadi seorang pemain, dia seharusnya melakukannya secara verbal. Itu sudah jadi bagian integral.”

Toni Kroos memang tampil mengecewakan. Sebagai pemain dengan caps terbanyak, dia gagal mengangkat mental dan permainan timnas Jerman saat menghadapi Spanyol. Padahal, dia dalam kondisi lebih bugar karena absen saat Die Mannschaft melawan Ukraina.

Effenberg Sarankan Loew Coret Kroos?

Melihat performa para pemain Jerman saat melawan Spanyol, Stefan Effenberg menyarankan Joachim Loew mengambil langkah tegas. Secara tersirat, dia mengusulkan sang pelatih tak lagi memakai jasa Toni Kroos.

“Saya yakin pertandingan kemarin itu memberikan banyak jawaban. Jika Jogi Loew -dan saya yakin dia akan- menganalisis permainan secara detail, dia akan tiba pada konklusi siapa-siapa saja yang dapat diandalkan untuk Piala Eropa,” ujar Effenberg.

Stefan Effenberg menilai Florian Neuhaus seharusnya diberi kesempatan bermain lebih banyak oleh Joachim Loew.
Getty Images

Mengenai putusan DFB mempertahankan Joachim Loew, Effenberg setuju. Dia menilai putusan itu sudah tepat. Namun, dia menegaskan, sang pelatih harus lebih berani dan tegas dalam menentukan pemain yang akan dipakainya.

“Jogi Loew kini punya kesempatan mengambil konsekuensi personal dan dia harus melakukan itu. Menurut saya, bukan dengan (Jerome) Boateng, bukan dengan (Mats) Hummels, bukan dengan (Thomas) Mueller, melainkan dengan para pemain yang ada sekarang,” urai dia.

Secara spesifik, Stefan Effenberg mengatakan, “Kenapa tidak (Florian) Neuhaus? Kenapa tidak seharusnya dia diberi kesempatan untuk menunjukkan potensi besarnya dalam banyak pertandingan? Lalu, dia juga harus mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa pemain.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More