Bursa Transfer Awal Musim Premier League: Chelsea Paling Untung

Football5Star.com, Indonesia – Bursa transfer awal musim Premier League sudah resmi ditutup pada Kamis (8/8/2019). Total uang 1,54 miliar euro dibelanjakan 20 klub yang akan berkompetisi pada kasta tertinggi sepak bola Inggris itu. Adapun total pemasukan mereka hanya 765,7 juta euro.

Dari 20 klub Premier League, tercatat hanya tiga yang mencatatkan neraca positif pada jual-beli pemain awal musim ini. Mereka adalah Chelsea, Crystal Palace, dan Liverpool. The Blues menjadi klub dengan keuntungan terbesar, yakni 83,35 juta euro. Sementara itu, Liverpool meraup untung 32,5 juta euro dan Crystal Palace menangguk laba 48,15 juta euro.

Keuntungan sangat besar yang diraup Chelsea tak terlepas dari dua faktor. Pertama, penjualan Eden Hazard sebesar 100 juta euro ke Real Madrid. Kedua, embargo transfer dari FIFA yang memaksa The Blues hanya dapat mengeluarkan uang untuk mengubah status Mateo Kovacic.

Aston Villa yang berstatus klub promosi justru jadi salah satu yang paling boros pada bursa transfer awal musim Premier League.
thenational.ae

Berkebalikan dengan Chelsea, Aston Villa justru menjadi klub dengan neraca transfer paling buruk. Klub yang baru promosi dari Divisi Championship ke Premier League itu tercatat mengeluarkan dana 148,6 juta euro dan tak mendapatkan pemasukan satu sen pun.

Tak ada pemain mahal yang didatangkan The Villans. Pembelian termahal mereka hanyalah Wesley dari Club Brugge seharga 25 juta euro. Namun, total ada 12 pemain yang memaksa klub asal Birmingham itu merogoh kocek dalam-dalam.

Liverpool Terhemat

Aston Villa termasuk salah satu klub terboros pada bursa transfer awal musim Premier League kali ini. Namun, mereka bukan yang terboros. Ada toga klub yang lebih boros. Mereka adalah Manchester City (167 juta euro), Manchester United (159 juta euro), dan Arsenal (152,4 juta euro).

Satu hal menarik, Liverpool yang menjadi penantang serius Manchester City pada dua musim terakhir Premier League justru jadi yang paling hemat. The Reds hanya mengeluarkan uang 1,9 juta euro untuk bek belia Sepp van den Berg.

Liverpool jadi satu dari hanya empat klub Premier League dengan pengeluaran di bawah 10 juta euro. Tiga klub lainnya adalah Norwich City (4,17 juta euro), Crystal Palace (7,6 juta euro), dan Burnley (9,4 juta euro).

Comments
Loading...