Bursa Transfer di Liga 1 Berbeda dengan Premier League

Football5star.com – Bursa transfer di Liga 1 2019 boleh dibilang berbeda dengan kompetisi Eropa, termasuk Premier League. Perbedaannya terletak pada aturan transfer di tengah musim yang cukup mencolok.

Kalau di kompetisi Eropa, kebanyakan operatornya melarang pemain baru untuk turun saat laga tunda terutama usai bursa transfer tengah musim. Nah di Liga 1 2019, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menjelaskan kalau klub boleh langsung memainkan penggawa barunya asal sah meski pada partai tunda.

“Seperti contoh Raphael Maitimo saat membela PSM Makassar melawan Persija. Kami sebenarnya menyebutnya bursa kedua, bukan bursa putaran kedua. Itu bagian dari komunikasi kami dengan tim-tim,” ungkap Manajer Kompetisi LIB, Asep Saputra.

Raphael Maitimo - PSM Makassar - liga-indonesia. id
PSM

Bahkan, saat transfer tengah musim dibuka klub Liga 1 2019 dibolehkan mengganti seluruh penainnya. “Prinsipnya, kami juga hati-hati. Terpenting pemain sudah disahkan. Tahun lalu-pun begitu, cuma tak seramai musim ini,” papar dia.

“Kalau misal di Premier League ada transfer musim dingin. Saat pekan ke-19 di sana disepakati kalau ada pertandingan di masa transfer, pemain baru tak bisa dimainkan,” lanjut dia.

Akan tetapi, pada musim depan kemungkinan besar LIB jua akan menerapkan hal serupa. “Sebetulnya musim ini juga sudah seperti itu. Cuma kan banyak yang jadwal mundur. Kami sudah koordinasi juga, ya sudah begitu. Tapi intinya enggak melanggar regulasi yang ada,” pungkas Asep.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More