“Butland Siap Gantikan Hart Sebagai Kiper Utama Inggris”

Football5star.com, Indonesia – Manajer Stoke City, Mark Hughes, menganggap Jack Butland pantas menggantikan Joe Hart sebagai kiper utama Inggris.

Hart menjadi kiper inti Inggris sejak tersingkir dari Piala Dunia 2010. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut menggeser posisi Robert Green.

Kedatangan Pep Guardiola membuat Hart tersingkir dari skuat utama Manchester City musim lalu. Guardiola memercayakan Claudio Bravo yang dibeli dari Barcelona untuk menggantikan Hart.

Hart enggan menjadi penghangat kursi cadangan Man. City. Dia akhirnya memilih hijrah ke Torino dengan status pinjaman pada musim 2016-17.

Guardiola tak kunjung melirik Hart yang akhirnya kembali dipinjamkan ke West Ham United pada musim panas 2017. Dia telah kemasukan 13 gol dari enam laga awal Premier League musim ini.

Nama Butland dan Hart masuk dalam skuat Inggris untuk menghadapi Slovenia dan Lithuania dalam dua laga akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa pada Oktober mendatang.

Hughes mengakui bahwa Hart merupakan kiper dengan kualitas dan pengalaman yang bagus. Kendati demikian, dia menganggap, Butland siap untuk menjadi pilihan utama tim asuhan Gareth Southgate.

“Jika Gareth (Southgate) berpikir untuk mengambil keputusan yang sama dengan pandangan saya, dia (Butland) bisa menjadi andalan,” ujar Hughes, seperti dilansir Soccerway.

“Namun, Joe (Hart) dipilih dalam dua laga kualifikasi sebelumnya. Itu mengirimkan pesan kepada semua orang bahwa dia adalah kiper yang sangat hebat dan tampak bakal mempertahankan posisinya,” imbuhnya.

“Namun, jika dipercaya, Jack akan siap dari segi fisik dan mental,” tutup Hughes.