Caketum PSSI Beberkan Pandangan Soal Fans di Indonesia

Pengembangan suporter di Indonesia punya potensi besar yang sayang kalau disia-siakan begitu saja. Itulah yang ada di kepala Arif Wicaksono, promotor olahraga yang kini maju mencalonkan diri sebagai calon ketua umum PSSI.

Pada pertemuan di Jakarta, Senin (12/8) siang, Arif mengatakan suporter di Indonesia tidak dikelola dengan baik. Padahal, jika diarahkan dengan benar, baik klub mau pun suporter, bisa bahu membahu menghidupkan diri masing-masing.

“Fans di Indonesia punya cara salah dalam mengekspresikan kecintaannya. Mereka bisa mandiri menghidupkan diri dengan dilibatkan dalam kepemilikan saham oleh klub. Dengan demikian, fans juga bisa punya pemasukan,” terangnya dalam pertemuan tersebut.

Arif Putra Wicaksono

Meski dilibatkan dalam kepemilikan klub dan punya pemasukan sendiri. Para fans tetap diberikan tanggung jawab untuk menjaga nama baik klub. Sehingga ada kesibambungan antara klub dan fans yang selama ini sering tidak sejalan.

“Tapi, jika ada denda oleh klub yang disebabkan oleh fans, maka biaya denda harus dibayarkan lewat kas fans itu sendiri. Dengan demikian, mereka juga punya tanggung jawab dalam menjaga sikap. Kita tekankan agar mereka punya love dan responsibility yang seimbang,” lanjutnya.

Sebelum mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI, Arif punya kesibukan di dunia event olahraga. Bersama NineSport, ia pernah membantu datangkan tim-tim Eropa seperti timnas Belanda, Ajax, dan Hamburg SV.

Comments
Loading...