Capello Kaget Saat Buffon Dimainkan Oleh Parma

Reputasi kiper Juventus, Gianluigi Buffon sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia tidak perlu diragukan lagi. Namun, dulu, pada awal kariernya Buffon sempat diremehkan oleh pelatih kenamaan Fabio Capello.

Buffon memulai karier di Parma. Dia melakukan debut di Serie A pada 19 November 1995 di Stadion Ennio Tardini. Kebetulan saat itu, Parma bermain melawan AC Milan yang dilatih oleh Capello.

Saat itulah Capello kaget karena memasang Buffon yang dipilih oleh pelatih Nevio Scala di bawah mistar gawang Parma. Padahal, Buffon baru bermumur 17 tahun dan belum pernah tampil di Serie A.

“Saya ingat hari itu karena saya menjadi pelatih Milan. Ketika di dalam ruang ganti, saya diberi tahu susunan pemain Parma dan saya kaget. Saya dikabari bahwa mereka akan memasang pemain Primavera,” kata Capello.

Akan tetapi, sesudah pertandingan berlangsung, Capello jadi tahu alasan keberanian Parma memasang Buffon. Dia tampil apik dan berjasa menjaga Parma bermain seri 0-0 dengan I Rossoneri.

“Sesudah pertandingan, saya tahu kenapa mereka mengambil putusan itu. Laga berakhir 0-0 dan Buffon melakukan tiga penyelamatan hebat,” kenang Capello.

Capello akhirnya pernah melatih Buffon di Juventus. Selama itu, dia bisa melihat sendiri kemampuan Buffon. Atas dasar itu, Capello tidak ragu menempatkan Buffon dalam lima kiper terbaik di dunia menurut dirinya.

“Dia sejajar lima kiper terbaik sepanjang sejarah. Dino Zoff, Ricardo Zamora, Lev Yashin, Gordon Banks, dan Buffon merupakan yang terhebat sepanjang masa,” kata Capello.

AC MilanFabio CapelloGianluigi BuffonJuventusParma