Cara Kerja VAR di 16 Besar Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Pertarungan 16 tim di babak 16 besar Liga Champions akan dimulai dinihari nanti. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, semua pertandingan di babak ini akan dilengkapi oleh Video Assistant Referee (VAR).

Digunakannya VAR pada 16 besar kali ini sesuai dengan keputusan UEFA Desember lalu. Karena keputusan baru diambil ketika fase grup Liga Champions musim ini sudah berlangsung, maka VAR baru akan digunakan dari 16 besar hingga final

Baru pada musim depan dan seterusnya teknologi ini akan digunakan sejak babak grup. Adapun ke-16 stadion yang akan menghelat fase knockout kali ini sudah dilengkapi berbagai peralatan VAR untuk menunjang kinerja tim.

Undian babak 16 besar Liga Champions 2018-19 telah usai digelar. Ada tiga pertandingan yang layak untuk diberikan perhatian lebih Football5star - Twitter @ChampionsLeague
@ChampionsLeague

Nantinya akan ada dua video operator dan video asisten wasit untuk membantu pengadil lapangan dalam mengambil keputusan. Tim akan memeriksa kesalahan menurut empat situasi yang bisa mengubah jalannya pertandingan.

Keempat insiden yang akan menjadi tugas VAR adalah saat menentukan gol, pelanggaran di kotak penalti, kartu merah, dan kesalahan dalam memberi hukuman. Tim yang bertugas melihat detil kejadian di monitor akan melakukan intervensi pada wasit sesuai regulasi.

Apabila hasil dari VAR memberikan bukti bahwa telah terjadi pelanggaran serius, VAR bisa meminta wasit untuk meninjau ulang keputusannya dengan melihat video ulangan yang akan dipasang di pinggir lapangan.

Segala proses yang harus diputuskan melalui VAR akan dikomunikasikan di dalam stadion menggunakan layar raksasa maupun pengumuman dari pihak stadion. Dengan adanya teknologi yang baru pertama kali digunakan di Liga Champions ini, maka UEFA tidak akan menggunakan wasit tambahan di belakang gawang.

Comments
Loading...