Cara Spesial Barcelona Menghormati Sang Legenda Johan Cruyff

Football5star.com, Indonesia – Orang Belanda itu bermain di Nou camp, markas Barcelona pada 1973. Saat ia menggiring bola publik Catalan selalu meneriakkan namanya, John Cruyff, Selasa (7/8/2019).

Salah seorang jurnalis dari Majalah Time sempat menulis bahwa kehadiran Cruyff di Barcelona menggelorkan semangat baru orang Catalan melebihi ocehan politikus tentang Catalan merdeka. Jimmy Burn sempat mengatakan bahwa Barcelona dengan Cruyff tim ini tidak akan pernah kalah.

Cruyff memang legenda bagi Barcelona dan masyarakat Catalan. Untuk menghormati mantan pemain Ajax yang meninggal dunia pada 24 Maret 2016 silam itu, Blaugrana miliki cara spesial untuk menghormati jasa-jasanya.

fcbarcelona.com

Dikutip Football5star.com dari halaman resmi Barca, patung perunggu Cruyff diresmikan para petinggi klub seperti presiden Josep Maria Bartomeu, Jordi Cardoner, Jordi Moix, dan Enrique Tombas.

Dalam acara peresmian, manajemen klub juga mengundang istri dan anak Cruyff, Susila dan Jordi. Turut juga hadir dalam acara tersebut mantan pemain Carles Puyol, Sergi Barjuan, dan Albert Ferrer.

Patung perunggu Cruyff diciptakan oleh pematung ternama Corry Ammerlaan van Niekerk. Petung perunggu setinggi 3.5 meter tersebut dibuat van Niekerk terinspirasi dari salah satu foto ikonik pemain bernomor punggung 14 tersebut.

Patung perunggu Cruyff itu nantinya akan diletakkan di pintu masuk tribun Nou camp, dekat dengan patung legenda Barcelona lainnya Ladislau Kubala.

Tak hanya meresmikan patung, Blaugrana juga meresmikan Johan Cruyff Stadium yang bakal jadi markas untuk tim Barca B dan tim Barca Putri. Dalam acara peresmian Johan Cruyff Stadium, Barca merencanakan menggelar pertandingan antara tim B Bacara dengan tim Ajax U-19.

Peresmian Johan Cruyff Stadium untuk menggantikan Mini Estadi yang sebelumnya digunakan sebagai markas tim muda Barca. Nantinya Mini Estadi akan dihancurkan untuk membuka akses jalan baru menuju ke pusat kota Catalan.

Menariknya desain dari Johan Cruyff Stadium ini terinspirasi dari Stadion Nou Camp di awal abad ke-20. Nantinya stadion ini akan bisa menampung 5000 penonton.