Catatan Bersejarah Dodi Lukebakio di Allianz Arena

Football5star.com, Indonesia – Dodi Lukebakio memang bukan siapa-siapa. Di Fortuna Duesseldorf pada musim ini, dia hanyalah pemain pinjaman dari Watford. Namun, setelah laga di Allianz Arena, Sabtu (24/11/2018), Dodi Lukebakio jadi buah bibir. Sensasi diguratkannya di sana saat Duesseldorf menahan Bayern Munich 3-3.

Pada laga itu, Dodi Lukebakio menjejalkan tiga gol ke gawang Manuel Neuer. Itu prestasi tersendiri. Dia menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick ke gawang Bayern di Allianz Arena. Bukan hanya di Bundesliga 1, di ajang lain pun tak pernah ada yang mampu melakukan hal tersebut sebelumnya.

Dodi Lukebakio tiga kali menaklukkan Manuel Neuer di Allianz Arena.
sport.es

Tidak juga dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo pernah empat kali melawat ke Allianz Arena dan hanya mampu membuat dua kali brace. Sementara itu, Messi malah tak pernah mencetak gol dalam dua kesempatan melawan Bayern di stadion itu.

Prestasi Langka di Bundesliga 1

Mencetak hat-trick di kandang Bayern pun bukan hal lazim pada gelaran Bundesliga 1. Sebelum Dodi Lukebakio, hanya ada lima pemain yang mampu melakukan hal tersebut. Semuanya di Stadion Olimpiade yang dipakai Die Roten dari 1972 hingga 2005.

Pemain pertama yang menjejalkan tiga gol ke gawang Die Roten di Stadion Olimpiade adalah Klaus Toppmoeller. Itu dilakukan pada musim 1975-76 ketika 1.FC Kaiserslautern menang 4-3. Pada musim yang sama, hal serupa dilakukan Detlev Szymanek dari Hertha Berlin. Bedanya, trigol Szymanek hanya membuat Hertha kalah 4-7.

Ebbe Sand adalah pemain terakhir sebelum Dodi Lukebakio yang mencetak hat-trick di kandang Bayern.
Getty Images

Musim berikutnya, muncul Klaus Fischer. Tak tanggung-tanggung, dia melesakkan empat gol alias haul. Itu dibuat Fischer saat FC Schalke 04 menang besar 7-0 pada spieltag ke-9. Hingga kini, pemain yang dikenal memiliki tendangan salto apik itu masih memegang rekor gol terbanyak pada satu laga di kandang Bayern.

Pemain berikutnya yang membuat hat-trick di kandang Bayern adalah Marek Lesniak. Saat datang bersama SG Wattenscheid 09 pada musim 1993-94, dia tiga kali menjebol gawang Raimond Aumann dan memaksakan hasil imbang. Seperti Dodi Lukebakio, gol ketiga Lesniak juga tercipta pada pengujung laga.

Adapun pemain terakhir yang melakukan hal tersebut adalah Ebbe Sand. Penyerang asal Denmark tersebut menjejalkan tiga gol pada spieltag ke-29 musim 2000-01. Tiga golnya membawa FC Schalke 04 membalikkan keadaan dari tertinggal 0-1 menjadi menang 3-1.