Catatan Gugus Tugas COVID-19 untuk PSSI Gulirkan Liga 1 Lagi

Football5Star.com, Indonesia – Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, buka suara soal rencana PSSI menggulirkan Liga 1 2020 lagi. Dia menyebut ada beberapa catatan atau syarat yang wajib dijalankan.

Seperti diketahui, melalui SK nomor 53 PSSI bakal melanjutkan Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. Beberapa persyaratan akan dijalankan, seperti pertandingan dipusatkan di Jawa, hingga tanpa adanya penonton.

Akan tetapi, Gugus Tugas COVID-19 menyebut syarat itu tak cukup. Doni Monardo menyebut kalau seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pertandingan wajib menjalani tes.

“Kalau seandainya PSSI menyelenggarakan kompetisi, harus dengan catatan seluruh pemain, wasit, atau semua termasuk suporter yang ada di dalam satu area (stadion) itu melaksanakan PCR test dan semua harus negatif hasilnya,” kata Doni saat dihubungi awak media.

Dok. Bhayangkara FC

Kalau tak ada yang positif, semuanya jua tetap harus rajin-rajin tes saat Liga 1 digulirkan lagi. Paling tidak, kata dia, sepanjang kegiatan berlangsung beberapa hari sekali harus ada tes swab bukan rapid test.

“Setelah negatif, mereka harus isolasi semua. Mereka tidak boleh ketemu orang lain, harus dikarantina. Mereka bisa berkompetisi tanpa penonton. Itu sudah disampaikan ke Menpora (Zainudin Amali), rasanya sulit karena klub mengandalkan penonton untuk dapat pendapatan,” papar dia.

Sampai saat ini, Gugus Tugas COVID-19 jua belum tahu kapan virus itu berakhir. Tapi memang olahraga, termasuk sepak bola dan Liga 1 sangat berisiko dalam penyebaran COVID-19.

“Salah satu olahraga berisiko antara lain basket, sepak bola, yang pasti ada body contact. Termasuk voli pun walau tidak ada kontak dengan lawan, tapi dengan satu tim bisa terjadi gesekan badan, makanya harus ada perhatian khusus,” tutup dia.

Doni MonardoGugus Tugas COVID-19Liga 1 2020Virus Corona