Catatan Sejarah Siap Diukir Finlandia di Pentas Euro 2020

Football5star.com, Indonesia – Tim besutan Markku Kanerva Finlandia membuka peluang untuk mencetak sejarah tersendiri di ajang Euro 2020. Kemenangan 3-0 Finlandia atas Armenia, Rabu (16/10/2019) membuat negara ini besar kemungkinan lolos ke putaran final Euro untuk pertama kalinya.

Teemu Pukki dan kawan-kawan tinggal meraih satu kali kemenangan atas Liechtenstein pada November 2019 nanti. Tiga poin sangat mungkin diraih oleh Finlandia di laga melawan Liechtenstein karena bermain di kandang sendiri.

Dikutip Football5star.com dari data UEFA, Finlandia tidak pernah bermain di putaran final Euro. Langkah tim berjuluk The Eagle-owls tersebut selalu kandas di babak kualifikasi Euro. Pada kualifikasi Euro 2008, negara ini hampir lolos ke putaran final.

thesefootballtimes.co

Sayangnya saat bermain melawan Portugal, mereka hanya mampu bermain imbang hingga memupus harapan untuk main di putaran final Euro 2008. Sepak bola di negara ini memang bukan jadi olahraga yang cukup populer.

Hoki Es menjadi salah satu olahraga terpopuler di negara ini. Pada era 80 hingga 90-an, negara ini bisa dikatakan sebagai salah satu negara lemah di Eropa. Meski publik sepak bola Eropa sempat mengenal sejumlah bintang Finlandia seperti Jari Litmanen yang bersinar bersama Ajax Amsterdam.

Era saat ini, publik kembali dibuat terpukau dengan kehadiran striker Teemu Pukki. Baru mencicipi kompetisi Premier League untuk pertama kalinya, Teemu Pukki langsung mencatatkan namanya dalam buku sejarah kompetisi.

Permainan Pukki di awal musim ini memang memukau bersama Norwich City. Tak hanya di level klub, Pukki pun tajam bersama Finlandia. Ia menorehkan 7 gol dari 8 laga di babak kualifikasi Euro 2020.

Comments
Loading...