Cech Ungkap Pengaruh Dua Kiper Legendaris Man. United

Football5Star.com, Indonesia – Petr Cech, kiper Arsenal, termasuk salah satu legenda di Premier League. Dia saat ini tengah mengincar clean sheet ke-200 di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Namun begitu, soal permainan, kiper asal Rep. Cheska itu mengaku terpengaruh gaya dua kiper legendaris Man. United, Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar.

Cech bersyukur bisa belajar dari Schmeichel dan Van der Sar yang dinilai menunjukkan kualitas kiper modern. Kemampuan keduanya, kata dia, terbukti jadi hal mendasar bagi para kiper saat ini.

zimbio.com

“Anda bisa melihat betapa besar keberadaannya di gawang Man. United,” papar Cech tentang Schmeichel seperti dikutip London Evening Standard, Selasa (9/1/2018). “Pada masanya, dia memiliki pendekatan berbeda dari kiper-kiper lain. Ketika semua kiper hanya berada di garis gawang, dia lebih maju, lebih agresif dalam pengambilan posisi dan mempersempit ruang tembak. Dia tak takut mengambil risiko.”

Sementara itu, dari Van der Sar, Cech melihat hal yang lain. “Saat mulai bermain untuk Ajax, dia kerap difungsikan sebagai bek saat mereka butuh penguasaan bola. Pada momen-momen sulit, mereka akan memberikan back pass kepada dia. Mereka adalah tim pertama yang menggunakan kiper sebagai bagian tim, lebih dari sekadar mengambil tendangan gawang dan menahan bola,” terang dia.

Lebih jauh, kiper berumur 35 tahun itu mengungkapkan, “Anda menyadari bahwa itu merupakan langkah maju. Saat bisa dilakukan, kenapa tak menggunakan pemain ekstra? Saat ini, itu menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki penjaga gawang.”

Selain dari kedua kiper legendaris Man. United tersebut, Cech juga mengaku terinspirasi oleh dua kiper lain. Mereka adalah Gianluigi Buffon dan Iker Casillas. Kemunculan keduanya dalam umur yang sangat muda diakui Cech sebagai pemaintik semangat. “Aku berpikir, kalau mereka bisa bermain di level itu saat berumur 16 atau 17 tahun, kenapa aku tak bisa? Itu memberiku keyakinan bahwa segalanya mungkin dilakukan,” jelas mantan kiper Chelsea tersebut.

ArsenalEdwin van der SarMan. UnitedPeter SchmeichelPetr CechPremier League