CEO Bayern Tolak Rencana Perombakan Format Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Wacana untuk mengubah format Liga Champions pada tahun 2024 mendatang ternyata mendapatkan tentangan dari CEO Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge. Menurutnya, sudah tak ada lagi yang perlu diubah dari forma Liga Champions saat ini.

Wacana perubahan ini dilayangkan oleh Asosiasi Klub Eropa (ECA). Perubahan ini bertujuan agar klub dari negara-negara kecil bisa mendapatkan kesempatan bersaing yang lebih besar di kompetisi Eropa.

“Apa lagi yang perlu diubah? Seluruh dunia sangat iri dengan kehadiran Liga Champions dengan format saat ini. Menurut saya, kompetisi ini sudah menjadi yang tersulit di dunia sepak bola,” kata Karl-Heinz Rummenigge kepada Der Spiegel.

Karl-Heinz Rummenigge - Liga Champions - Bayern Munich - Bavarian Football Works
Bavarian Football Works

Menurut Karl-Heinz Rummenigge, salah satu alasan di balik usul perubahan format ini adalah uang. Ia mengatakan bahwa seluruh klub yang menjadi peserta Liga Champions ingin mendapatkan hadiah yang lebih besar lagi di setiap musimnya.

“Semua tentu saja ada kaitannya dengan uang. Setiap klub tentu ingin mendapatkan bagian yang lebih besar di kompetisi internasional. Para peserta dari lima liga teratas Eropa nampaknya sudah senang dengan format yang ada.”

“Tapi, ada klub-klub dari Belanda, Austria dan Polandia yang ingin memiliki perwakilan tetap di kompetisi Eropa. Saya sungguh mengerti perspektif mereka mengenai hal itu.”

Ajax adalah salah satu contohnya. Mereka merupakan juara Belanda dan semifinalis musim ini. Tapi, mereka harus mengawali kiprahnya musim depan lewat babak kualifikasi. Mereka bisa saja tersingkir sebelum masuk ke babak grup apabila kurang beruntung,” pungkas Karl-Heinz Rummenigge.

Comments
Loading...