Cerita Stefano Cugurra Teco Pertama Kali Belajar Bahasa Indonesia

Football5Star.com – Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, bercerita pertama kali belajar bahasa Indonesia hingga akhirnya fasih. Dia mengaku kalau awalnya belajar dari buku soal kalimat-kalimat yang biasa digunakan masyarakat Indonesia sehari-hari.

Pelatih asal Brasil ini memang sangat fasih ketika melakukan percakapan dengan bahasa Indonesia. Dia jua tahu betul kata-kata yang biasa digunakan masyarakat, termasuk bahasa-bahasa slang.

“Jadi, saya datang ke Indonesia pada Desember 2003, lalu 2004 di tim Persebaya saat itu ada pemain yang bisa bahasa Italia dan saya juga bisa. Sehingga mereka banyak membantu saya. Lalu ada pemain Brasil di Persebaya yang bisa berbahasa Indonesia,” ungkap Stefano Cugurra Teco dalam Youtube resmi Bali United.

Stefano Cugurra Teco

Lalu, Teco menyebut kalau pemain itu memberinya buku kalimat bahasa Indonesia yang biasa digunakan sehari-hari. Lengkap panduannya ada bahasa Portugis dan Inggrisnya. “Kemudian dia memberikan buku ini pada saya dan saya kemana-mana membawa buku ini. Saya pikir 2004 saya sudah bagus berkomunikasi bahasa Indonesia,” lanjut dia.

Teco menyebut kalau bahasa memang menjadi salah satu elemen penting dalam karier kepelatihannya. Tak salah memang, pelatih asal Brasil itu jadi juru taktik tersukses di era Liga 1 dengan membawa dua tim berbeda juarai Liga 1.

“Saya pikir bahasa itu penting buat pelatih. Sehingga pemain tidak punya alasan tidak mengerti dengan keinginan pelatih,” pungkas dia.