Cerny Lengkapi Comeback Ajax di Celtic Park

Ajax menjaga kans untuk lolos ke babak 32-besar Liga Europa setelah mengalahkan Celtic di kandangnya sendiri, Jumat (27/11) dini hari. Vaclav Cerny tampil menjadi pahlawan Ajax berkat golnya pada menit-menit akhir.

Tampil di hadapan publik sendiri, Celtic langsung menggebrak sejak menit awal. Hasilnya, Celtic mampu membuka skor lebih dahulu pada menit ketiga.Tembakan melengkung yang dilepaskan Callum McGregor bersarang tepat di pojok kanan gawang Ajax yang dikawal Jasper Cillessen.

Namun Ajax perlahan mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya. Gol penyama kedudukan akhirnya datang pada menit ke-22. Sebuah umpan sundulan yang diberikan Viktor Fischer berhasil dituntaskan dengan tendangan akrobatik yang dilakukan Arkadiusz Milik.

Usai turun minum, Ajax terus mendominasi jalannya laga. Demi mencari gol tambahan, Pelatih Ajax, Frank de Boer, pun memasukkan dua pemain berkarakter menyerang yaitu Vaclav Cherny dan Donny van de Beek.

Tiga menit jelang akhir waktu normal, Ajax melancarkan sebuah serangan balik. Dengan akselerasi cepat yang dimilikinya, Cerny pun tak ragu-ragu melepaskan tembakan mendatar ke sudut sempit. Kiper Celtic, Craig Gordon, pun sudah mati langkah untuk menepis tendangan tersebut.

Berkat kemenangan ini, Ajax masih berpeluang lolos ke babak 32-besar. Akan tetapi, nasib Ajax juga bergantung pada laga Fenerbahce kontra Celtic. Apabila Fenerbahce sukses memetik kemenangan, maka bisa dipastikan langkah Ajax terhenti di fase grup.

Sementara kekalahan ini praktis membuat Celtic tersingkir dari Liga Europa musim ini.

Susunan Pemain

Celtic: Gordon; Lustig, Boyata, Simunovic, Tierney (Izaguirre 78’), Forrest, Armstrong, McGregor, Mackay-Steven (Allan 72’), Rogic (Mulgrew 66’), Griffiths.

Ajax: Cillessen; Van der Hoorn (Sanogo 60’), Tete, Dijks, Riedewald, Gudelj, Klaassen, Schone (Van de Beek 72’), Fischer (Cerny 69’), Younes, Milik.

Comments
Loading...