Cetak Gol di Der Klassiker, Kenapa Marco Reus Absen dari Timnas Jerman?

Football5Star.com, Indonesia – Ada satu hal menarik dari timnas Jerman untuk menjalani tiga laga pada pekan ini. Di skuat tim asuhan Joachim Loew masih tak ada nama Marco Reus. Padahal, kapten Borussia Dortmund itu baru saja mencetak gol pada laga Der Klassiker melawan Bayern Munich.

Ketiadaan Reus menimbulkan pertanyaan. Mengenai hal itu, Loew punya jawaban tersendiri. Dia mengatakan, putusan tak memanggil sang pemain didasarkan pada komunikasi dengan pelatih Dortmund, Lucien Favre.

“Saya berbicara dengan Lucien Favre. Jika ada orang sangat tahu tentang Marco, Lucien orangnya. Kami tahu situasinya dan sepakat Marco harus menggunakan waktu 14 hari ini di Dortmund,” kata Joachim Loew seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi DFB.

ruhrnachrichten.de

Lebih lanjut, pelatih timnas Jerman itu menyampaikan, “Dia telah sekian lama didera cedera dan butuh stabilitas. Itu penting agar dia mampu melewati musim dingin dengan baik, tetap stabil, dan mampu menemukan ritme yang bagus.”

Putusan Loew tersebut membuat Marco Reus tak membela timnas Jerman dalam satu tahun penuh. Dia menjalani laga terakhir bersama Die Mannschaft pada 13 Oktober 2019 saat menang 3-0 atas Estonia pada Kualifikasi Piala Eropa.

Loew Beri Reus Perlakuan Khusus?

Getty Images

Meskipun sudah terang-benderang, tak sedikit orang yang mencibir putusan Joachim Loew tak menyertakan Marco Reus ke timnas Jerman kali ini. Salah satu dasarnya, dia sudah dua bulan tak terganggu cedera dan dalam dua pekan terakhir di Bundesliga selalu turun sebagai starter.

Perlakuan seperti itu tak diberikan kepada para pemain lain. Sebut saja Niklas Suele yang langsung dipanggil ke timnas Jerman kembali pada bulan lalu. Dia dinilai bugar meskipun baru dua bulan pulih dari cedera lutut yang memaksa istirahat 264 hari.

Di tengah kepastian Marco Reus tetap absen, Loew malah ingin memanggil Suele yang sudah kembali berlatih setelah menjalani karantina karena sempat dinyatakan positif COVID-19. Seperti dikabarkan Abendzeitung Muenchen, Loew telah berkomunikasi dengan Hansi Flick soal kemungkinan Suele membela Die Mannschaft pada laga lawan Ukraina dan Spanyol.

Borussia DortmundJoachim LoewLucien FavreMarco ReusTimnas Jerman