Cetak Hat-trick Lawan Aston Villa, Patrick Bamford Samai Eric Cantona

Football5Star.com, Indonesia – Patrick Bamford sungguh luar biasa. Sabtu (24/10/2020) dini hari WIB, striker Leeds United itu membukukan hat-trick yang berbuah kemenangan 3-0 di kandang Aston Villa. Tambahan tiga gol itu pun membuat dia menyamai jejak legenda asal Prancis, Eric Cantona.

Bertandang ke Stadion Villa Park, Leeds United memanggul misi berat. Tuan rumah sedang dalam tren bagus dan bermodal kemenangan 7-2 atas Liverpool dan 1-0 atas Leicester City. Hal itu tercermin pada babak pertama yang berakhir imbang tanpa gol.

Akan tetapi, aksi Patrick Bamford pada babak kedua menjadi pembeda. Secara sensasional, striker berumur 27 tahun itu membukukan hat-trick dalam kurun waktu 19 menit. Dia berturut-turut membobol gawang Emiliano Martinez pada menit ke-55, 67, dan 74.

Tambahan tiga gol di gawang Aston Villa membuat Bamford kini mengoleksi 6 gol dalam 6 pekan awal Premier League musim ini. Sebelum ini, hanya Eric Cantona yang mampu melakukan hal serupa. Pria asal Prancis yang lantas melegenda bersama Manchester United itu melakukannya pada musim 1992-93.

Sebelum mencetak hat-trick ke gawang Aston Villa, Bamford berturut-turut mencetak gol pada tiga pekan awal saat Leeds melawan Liverpool, Fulham, dan Sheffield United. Sementara itu, Cantona mencetak 1 gol lawan Middlesbrough, 3 gol versus Tottenham Hotspur, dan 2 gol kala menghadapi Oldham Athletic pada 6 pekan awal Premier League 1992-93.

Bamford Pencetak Hat-trick ke-6 Leeds

Bukan itu saja yang membuat Patrick Bamford menyamai Eric Cantona. Dia pun sejajar dengan sang legenda dalam urusan mencetak hat-trick bagi Leeds pada ajang Premier League. Patut diingat, Cantona adalah pencetak hat-trick pertama sejak Liga Inggris memasuki era baru pada 1992-93.

Selain Cantona dan Bamford, ada empat pemain lain yang mampu mencetak tiga gol bersama Leeds dalam satu laga Premier League. Mereka adalah Gordon Strachan, Anthony Yeboah, Gary McAllister, dan Mark Viduka. Mereka sama-sama mengemas satu hat-trick pada kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Hat-trick Patrick Bamford pun mengakhiri penentian hampir 20 tahun. Pasalnya, kali terakhir pemain Leeds United mencetak tiga gol pada 4 November 2000. Mark Viduka menjejalkan 4 gol saat The Whites menang 4-3 atas Liverpool di Elland Road.

Aston VillaEric CantonaLeeds UnitedLiga InggrisMark Vidukapatrick bamfordPremier League