Chelsea vs Liverpool: Tantangan Alisson di Stamford Bridge

Football5Star.com, Indonesia – Big match Liga Inggris akan tersaji di Stadion Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020). Chelsea akan menjamu sang juara bertahan, Liverpool. Laga ini akan jadi tantangan tersendiri bagi kiper sang tamu, Alisson Becker.

Liverpool memang dapat optimistis menatap big match ini. The Reds selalu menang dalam 3 laga terakhir melawan The Blues pada ajang Premier League. Namun, secara keseluruhan, mereka punya kelemahan mendasar setiap kali melawat ke Stamford Bridge. Mereka sangat rawan kebobolan di sana.

Dalam sepuluh lawatan terakhir ke Stamford Bridge, gawang Liverpool tak pernah clean sheet. Mereka selalu kebobolan setidaknya 1 gol dalam sepuluh lawatan tersebut. Tak pelak, ini jadi tantangan tersendiri bagi kiper Alisson Becker yang disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik dunia saat ini.

Getty Images

Kali terakhir The Reds meraih clean sheet di kandang Chelsea pada 6 Februari 2011. Kala itu, Liverpool menang 1-0 dan Pepe Reina mampu menjaga gawangnya dari serbuan Nicolas Anelka cs.

Setelah Reina, lima kiper Liverpool selalu gagal clean sheet setiap kali melawat ke Stamford Bridge. Simon Mignolet selalu kebobolan dalam 5 laga, Adrian San Miguel dalam 2 pertandingan, sedangkan Brad Jones, Loris Karius, dan Alisson sama-sama sekali gagal clean sheet di sana.

Alisson Tak Pernah Menang di Kandang Chelsea

Secara pribadi, Stamford Bridge memang tempat yang sulit ditaklukkan oleh Alisson Becker. Sepanjang kariernya, sudah dua kali dia melawat ke sana. Hasilnya, bukan hanya selalu kebobolan, dia pun selalu gagal membawa klubnya menang.

Lawatan pertama Alisson ke Stamford Bridge terjadi pada fase grup Liga Champions 2017-18. Dia jadi kiper andalan AS Roma. Hasilnya, I Giallorossi hanya pulang dengan hasil imbang 3-3. Gawang Alisson dua kali dijebol Eden Hazard dan sekali oleh David Luiz.

Adapun lawatan kedua terjadi pada Premier League 2018-19. Kali ini, Alisson hanya membawa Liverpool imbang 1-1. Eden Hazard kembali jadi momok dengan golnya pada menit ke-25. Laga hampir berakhir kekalahan andai tak ada gol balasan dari Daniel Sturridge pada menit ke-89.

Dua hasil itu tentu harus jadi perhatian Alisson. Apalagi, dia kebobolan 3 gol pada pertemuan dengan Chelsea di kandang Liverpool, 22 Juli silam. Selain itu, gawang kiper Brasil itu pun 3 kali dijebol lawan pada pekan pertama saat menjamu Leeds United.

Alisson BeckerChelseaLiga InggrisLiverpoolPremier League