Clattenburg: Penggunaan VAR di Piala Dunia Sudah Tepat

Football5star.com, Indonesia – Video Assistant Referee atau umum dikenal dengan istilah VAR adalah teknologi yang diperuntukan membantu wasit membuat keputusan. Teknologi ini sendiri baru pertama kali digunakan pada ajang di Piala Dunia.

Selama penggunaannya di Piala Dunia 2018, pelbagai reaksi berbeda-beda bermunculan dari banyak pihak termasuk di antaranya pemain, pelatih, dan pengamat sepak bola.

Banyak yang memuji keberadaan VAR ketika digunakan dengan benar, tapi tak sedikit pula yang telah menyuarakann kekecewaan mereka karena pengguna VAR yang sering memunculkan keputusan kontroversial dan membikin bingung.

Wasit Mark Clattenburg dalam laga Sevilla vs Juventus (Getty Images)

Beberapa pihak juga menilai bahwa VAR telah membuat sebagian besar wasit takut untuk membuat keputusan sendiri karena mereka mengetahui ada tim yang juga mengawasi setiap pergerakan di lapangan.

Namun, meski banyak menuai kecaman dan dianggap sering memunculkan kontroversi. Mantan wasit di Piala Dunia 2014, Mark Clattenburg, menilai penggunaan VAR memberikan efek positif. Salah satunya adalah membuat perilaku pemain di lapangan menjadi lebih tertib.

“Apa yang saya lihat adalah teknologi video ini telah meningkatkan perilaku pemain di lapangan. Saya tidak melihat ada yang mengintimadi wasit. Saya pikir para pemain sudah mulai menyadari apa yang sebetulnya mereka lakukan, mereka akan menerima keputusan itu,” kata Clattenburg dilansir talkSport.

‘Itu adalah salah satu hal yang penting karena kita butuh mengembangkan permainan yang cantik dan melindungi wasit dari pelecehan dan dibiarkan berada di bawah tekanan,” tambahnya.

“Penggunaan VAR di Piala Dunia kali ini sangat positif,” pungkas Clattenburg.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com