Robert: Coba Sebut, Apa Ada Laga di Eropa Tertunda Karena Politik?

Football5Star.com, Indonesia – Situasi politik di Indonesia yang tengah memanas akhir-akhir ini membuat sejumlah pertandingan sepakbola Liga 1 2019 tertunda. Akibatnya, pertandingan pun harus dijadwal ulang.

Hal tersebut dikarenakan pihak kepolisian setempat tak memberikan izin keamanan untuk digelarnya pertandingan. Situasi politik Indonesia yang tengah memanas pun kerap menjadi alasan utama.

Memang, pihak kepolisian kini sedang bekerja keras untuk mengamankan aksi politik yang terjadi di sejumlah kota. Hal itu pun membuat personel mereka terpecah konsentrasinya jika pertandingan sepak bola tetap digelar.

Namun, situasi itu menuai kritik dari Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Dirinya berkata bahwa seharusnya pertandingan sepakbola harus terlepas dari segala sesuatu yang terjadi dari eksternal pertandingan.

'Coba Sebut Negara di Eropa yang Menunda Pertandingan Karena Politik'
Persib.co.id

Robert berpendapat bahwa orang-orang datang ke stadion untuk menikmati pertandingan sepak bola, yang seharusnya tidak memerlukan banyak personel kepolisian untuk mengamankan di stadion.

“Apa yang harus dilakukan dengan sepak bola? Kenapa kita harus menunda pertandingan sepak bola ketika orang-orang datang ke stadion untuk menikmati sepak bola? Kita harus belajar kalau kita tidak perlu banyak polisi untuk mengamankan stadion,” papar Robert seperti dikutip Football5Star.com dari Ayobandung.

Akan tetapi, Robert tak serta merta berpendapat bahwa hal tersebut harus dilakukan dalam waktu dekat ini. Pasalnya, penonton atau suporter yang datang ke stadion harus mendapat edukasi lebih tentang mereka yang datang ke stadion hanya untuk menikmati pertandingan, bukan untuk membuat kerusuhan.

“Suporter juga harus mengerti, kalau mereka datang ke stadion untuk menikmati pertandingan sepak bola, bukan untuk buat keributan dengan tim lain. Dan ini adalah proses pendidikan yang harus dilalui. Kami ingin terus main bola, bebas, tidak terikat situasi politik di sebuah negara,” paparnya.

Mencontoh Negara-negara di Eropa

Robert pun lantas mengambil sampel sepakbola yang terjadi di negara-negara Eropa. Ia menyebut bahwa tak ada sama sekali pertandingan sepakbola yang ditunda karena situasi politik. Namun, pertandingan ditunda karena situasi politik seperti sudah lumrah terjadi di Indonesia. Hal itu yang menurut Robert harus segera dihapus agar sepakbola Indonesia berkembang.

“Coba sebut negara di Eropa yang menunda pertandingan sepak bola ketika ada pemilu di negaranya? Tidak ada. Dan kita tidak bisa mengatakan kalau ini budaya negara Indonesia. Kita harus bilang bahwa kita harus belajar dan berkembang. Ini adalah tanggung jawab untuk semua rakyat Indonesia, termasuk klub, suporter, polisi, dan partai politik,” ungkap Robert.

Comments are closed.