Copa America 2020 Ditunda sampai 2021

Football5Star.com, Indonesia – Copa America 2020 resmi ditunda sampai 2021 karena penyebaran virus corona. Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengumumkan ini pada hari Selasa (17/3/2020).

Turnamen ini sejatinya akan diadakan pada 12 Juni sampai 12 Juli tahun ini di Kolombia dan Argentina. Tapi akan diundur sampai 11 Juni dan 11 Juli 2021.

“Ini adalah langkah yang luar biasa untuk situasi yang tak terduga dan menjawab kebutuhan fundamental dalam menghindarkan evolusi luar biasa dari virus itu,” ucap Presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez.

Copa America Resmi Ditunda sampai 2021 akibat Virus Corona
ESPN

Dia menambahkan, “Tidak mudah mengambil keputusan ini, tetapi kami setiap waktu harus melindungi kesehatan pemain-pemain kami dan semua yang menjadi bagian dari keluarga besar sepak bola Amerika Selatan. Jangan ragu turnamen internasional tertua di dunia ini akan kembali dengan bertambah kuat pada 2021.”

Copa America merupakan turnamen sepak bola internasional tertua di dunia. Kompetisi ini mempertemukan para pemain-pemain terbaik Amerika Latin seperti contoh Lionel Messi, Neymar, Luis Suarez, James Rodriguez, dan Alexis Sanchez.

Turnamen ini sebenarnya sudah ada pada tahun lalu dengan Brasil yang keluar sebagai juara. Namun CONMEBOL memutuskan untuk membuat Copa America berada di tahun genap dan berbarengan dengan Euro. Putusan ini berlaku mulai 2020 dan akan dilanjutkan di tahun 2024.

Sama seperti Copa America, Euro 2020 juga akan ditunda sampai tahun 2021