Coutinho Meninggal Dunia, Brasil Berduka

Football5star.com, Indonesia – Kabar duka datang dari sepak bola Brasil yang kehilangan salah satu legenda terbaiknya, Antônio Wilson Vieira Honório. Pria yang lebih akrab disapa Coutinho tersebut meninggal pada usia 75 tahun di rumahnya.

Sejauh ini, belum ada kepastian penyebab meninggalnya Juara Dunia 1962 tersebut. Namun, ESPN merilis, yang bersangkutan sempt dibawa ke rumah sakit karena pneumonia pada Januari lalu. Selain itu, Coutinho juga diketahui punya riwayat diabetes.

Kabar ini juga membuat sedih mantan kapten timnas Brasil, Cafu, yang mengungkapkannya di Twitter. “Seorang legenda telah pergi, doaku untuk keluarganya,” kata Cafu.

Legenda sepak bola Brasil lain, Pele, bahkan pernah melabelinya sebagai rekan setim paling disukai. Jika Pele bersinar di usia 17 tahun pada Piala Dunia 1958, Coutinho sudah melakukan debut bersama Santos ketika menginjak 14 tahun.

Keduanya sama-sama membela Santos dalam kurun waktu 1958 hingga 1967. Cedera yang kerap kambuh menghampiri membut Coutinho tidak memiliki banyak kesempatan membela tim nasional Brasil. Kendati demikian, ia tetap jadi andalan di level klub dengan mencetak 368 gol untuk Santos. Jumlah tersebut menjadikannya top skorer ketiga sepanjang sejarah untuk Santos.

Puncak kariernya tentu saja ia lewati pada 1962 ketika berhasil membawa negaranya menjadi juara dunia di Swedia. Pada tahun yang sama, ia juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di ajang Copa Libertadores dengan enam gol.

Comments
Loading...