CR7 dan Messi Bukan Tandingan Ronaldo

Football5star.com, Indonesia – Legenda Brasil, Roberto Carlos, menilai Ronaldo Luiz Nazario de Lima adalah pemain spesial dan berada di level berbeda dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Messi vs Ronaldo dianggap sebagai rivalitas terhebat sepanjang sejarah sepak bola. Lebih dari satu dekade terakhir kedua pesepakbola mendominasi penghargaan Ballon d’Or.

Meski demikian, di mara Carlos, keduanya bukanlah tandingan Ronaldo Nazario. Nama terakir sukses membawa timnas Brasil mencapai puncak penghargaan tertinggi di dunia sepak bola. Tercatat, ia sudah dua kali membawa Tim Samba menjuarai Piala Dunia, yakni pada 1994 dan 2002.

“Ronaldo menonjol dalam latihan. Dia yang terbaik. Tidak akan pernah ada Ronaldo ‘Fenomeno’ lainnya. Tidak Neymar, Cristiano atau Messi. Ronaldo pemain unik,” kata Carlos di Goal.

“Saya pikir di generasi kami lebih sulit untuk mencetak gol. Itu lebih bersifat fisik saat itu dan penyerang kurang terlindungi. Tetapi Ronaldo Nazario bisa melakukan segalanya.”

Ronaldo Nazario Seharusnya 4 Pemain Ini Menang Ballon d'Or
Getty Images

Carlos mengenang tahun 2002 dimana Ronaldo Nazario gabung Real Madrid. Saat itu banyak meremehkan sang bomber karena baru pulih dari cedera parah.

“Saya sudah tahu betapa hebatnya dia ketika dia tiba, tetapi banyak orang di Madrid meragukannya. Dia mengejutkan banyak orang saat debut melawan Alaves. Saya ingat 80.000 orang sangat senang dan terkejut olehnya,” ia menambahkan.

Selama kariernya sebagai pesepak bola, Ronaldo pernah memperkuat Cruzeiro, PSV, Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, AC Milan, hingga Corinthians. Kini, ia menjabat sebagai presiden dan pemegang saham klub Real Valladolid.