Cristiano Ronaldo Tak Bisa Pikul Semua Beban Juventus Sendirian

Football5Star.com, Indonesia – Kegagalan menyingkirkan Olympique Lyon pada babak 16-besar Liga Champions membuat Juventus dibanjiri kritik. Dua eks pemain I Bianconeri, Ciro Ferrara dan Alessio Tacchinardi, terang-terangan mengaku tak kaget karena menilai Juventus terlalu bertumpu pada sosok Cristiano Ronaldo.

Ferrara heran melihat para pemain Juventus tak menunjukkan upaya dan tekad kuat untuk membalikkan keadaan saat melawan Lyon. Penampilan mereka, menurut eks bek tangguh itu, tak lebih baik dari beberapa waktu terakhir di Serie A.

“Mereka butuh performa hebat dari tim. Namun, faktanya hanya Ronaldo yang menunjukkan itu,” ujar Ferrara seperti dikutip Football5Star.com dari Tuttomercatoweb. “Juventus meneruskan tren negatif, terlalu sering menghilang pada laga-laga penting. (Miralem) Pjanic, (Rodrigo) Bentancur, dan (Gonzalo) Higuain tampil buruk. Kita sudah bisa melihat ini sebulan terakhir.”

Ferrara menilai Juventus terlalu berharap banyak kepada Ronaldo. Sepertinya, sang megabintang memikul semua beban dan asa di pundaknya sendirian. Hal itu sangat disayangkan karena bukan tradisi Juventus.

Cristiano Ronaldo dinilai Ciro Ferrara dan Alessio Tacchinardi sebagai satu-satunya pemain yang berusaha menggerakkan Juventus.
tuttomercatoweb.com

“Ronaldo adalah jaminan, tapi dia sendirian tidaklah cukup untuk membalikkan hasil yang sulit. Kami tak boleh terus berharap diberi hadiah penalti,” ujar Ferrara lagi.

Pandangan serupa disampaikan Alessio Tacchinardi. Eks gelandang I Binaconeri pada 1994 hingga 2005 itu juga menilai hanya Ronaldo yang menunjukkan usaha sangat keras untuk menggapai kemenangan dan membalikkan keadaan. Para pemain lain, menurut dia, seperti menghilang di lapangan.

“Satu-satunya yang coba mendorong tim ini adalah Ronaldo. Pemain-pemain lain di tim tak punya mesin sama sekali,” ucap Tacchinardi. “Di sepak bola, pemain harus muncul dan menunjukkan diri pada laga-laga penting.”

Lini Tengah Juventus Memble

Secara khusus, Tacchinardi mengkritik lini tengah tim asuhan Maurizio Sarri. Dia menilai lini tersebut sangat bermasalah karena tak punya orientasi yang jelas.

“Tim ini punya lini tengah yang tak mampu menekan dan tak mampu pula mencetak gol. Saya pernah jadi pemain di sana dan kelemahan itu sangat jelas terlihat,” kata pria berumur 45 tahun itu.

Menurut Tacchinardi, Juventus saat ini tak ubahnya fotokopi dari musim lalu dan harus dievaluasi dengan baik untuk musim depan. Dia bahkan mengatakan, Cristiano Ronaldo dkk. cuma beruntung dapat menjuarai Serie A musim ini.

“Melawan Atalanta, mereka selamat oleh penalti (dari Ronaldo). Andai tak ada penalti, mereka mungkin tak juara Serie A,” ucap Tacchinardi lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More