Ronaldo Ungguli Messi di Daftar Atlet Berpendapatan Terbesar

Football5Star.com, Indonesia – Sepanjang setahun terakhir, pendapatan Cristiano Ronaldo ternyata lebih banyak dari Lionel Messi. Hal itu terungkap dari daftar yang dirilis Forbes. Pada daftar atlet dengan pendapatan terbesar, CR7 berada di atas La Pulga.

Dalam daftar tersebut, Cristiano Ronaldo berada di posisi kedua dengan pendapatan 105 juta dolar AS (sekitar Rp1,54 triliun). Rinciannya, sebanyak 60 juta dolar AS dari gaji dan bonus kemenangan serta 45 juta dolar AS dari endorsement.

Sementara itu, Lionel Messi berada di posisi ketiga. Dia terpaut 1 juta dolar AS saja dari Cristiano Ronaldo. Sepanjang setahun terakhir, La Pulga meraup 72 juta dolar AS dari gaji dan bonus kemenangan serta 32 juta dolar AS dari endorsement.

Ronaldo dan Messi kalah dari Roger Federer yang untuk kali pertama memimpin daftar atlet dengan penghasilan terbesar versi Forbes. Petenis asal Swiss itu meraup pendapatan 106,3 juta dolar AS (sekitar Rp1,56 triliun).

Menurut daftar terbaru Forbes, Cristiano Ronaldo unggul atas Lionel Messi dalam pendapatan setahun.
especiales.televicentro.hn

Dibandingkan periode sebelumnya, Ronaldo dan Messi mengalami penurunan, baik dari jumlah pendapatan maupun peringkat. Pada pengumuman tahun lalu, CR7 dan La Pulga memimpin daftar atlet berpenghasilan terbesar. La Pulga di posisi pertama, CR7 tepat di belakangnya.

Tahun ini, pendapatan La Pulga menurun drastis. Tak tanggung-tanggung, penyusutannya mencapai 22 juta dolar AS (sekitar Rp323,59 miliar). dari gaji dan bonus kemenangan, ada penurunan 19 juta dolar AS. Sementara endorsement turun 2 juta dolar AS.

Penuruan pendapatan juga dialami CR7. Namun, penurunan megabintang Juventus itu tak sedrastis Messi. Dibanding periode sebelumnya, penurunan penghasilan Ronaldo hanya 4 juta dolar AS. Dari gaji dan bonus kemenangan, pendapatannya menurun 5 juta dolar AS. Namun, dari endorsement, justru ada kenaikan 1 juta dolar AS.

Setiap tahun, Forbes selalu mengeluarkan daftar atlet dengan pendapatan terbesar. Sejak 2012, Cristiano Ronaldo tercatat memuncaki daftar itu pada 2016 dan 2017, sedangkan Lionel Messi berada di urutan teratas pada 2019.

10 Pesepak Bola dengan Pendapatan Terbesar

  1. Cristiano Ronaldo (Portugal/Juventus) – 105 juta dolar AS
  2. Lionel Messi (Argentina/Barcelona) – 104 juta dolar AS
  3. Neymar (Brasil/PSG) – 95,5 juta dolar AS
  4. Mohamed Salah (Mesir/Liverpool) – 35,1 juta dolar AS
  5. Kylian Mbappe (Prancis/PSG) – 33,8 juta dolar AS
  6. Andres Iniesta (Spanyol/Vissel Kobe) – 29,6 juta dolar AS
  7. Mesut Oezil (Jerman/Arsenal) – 28,7 juta dolar AS
  8. Paul Pogba (Prancis/Man. United) – 28,5 juta dolar AS
  9. Oscar (Brasil/Shanghai SIPG) – 27,5 juta dolar AS
  10. Antoine Griezmann (Prancis/Barcelona) – 26,7 juta dolar AS