Cuma Erling Haaland yang Bisa Lakukan Ini Sepanjang Sejarah Bundesliga 1

Football5star.com, Indonesia – Mencetak 5 gol dalam dua pertandingan perdana di Bundesliga 1, cuma Erling Haaland yang bisa melakukannya. Sebelum kedatangan Haaland ke Borussia Dortmund, tak ada pemain yang mampu melakukannya dalam dua laga perdananya di kasta teratas Liga Jerman itu.

Sejak diboyong dari Red Bull Salzburg pada Januari ini, Erling Haaland memang langsung menebar pesona. Pada laga debutnya di Bundesliga 1, striker berusia 19 tahun itu langsung mencetak hat-trick.

Padahal, dalam laga melawan Augsburg itu dia baru dimainkan pada menit ke-56. Akan tetapi, dia sukses mengulangi catatan yang sebelumnya hanya pernah dilakukan Pierre-Emerick Aubameyang pada laga debutnya di Dortmund.

Lucien Favre - Erling Haaland - Borussia Dortmund - Bleacher Report
Bleacher Report

Saat Dortmund menghadapi FC Koeln, Sabtu (25/1/2020) dini hari WIB, Haaland lagi-lagi tak dipasang sebagai starter oleh pelatih Lucien Favre. Dia baru masuk pada menit ke-65 alias separuh babak kedua.

Namun, Erling Haaland kembali membuktikan bahwa biaya transfer 17 juta euro, sesuai klausul di kontraknya, sangatlah pantas. Dia mampu menambah koleksi golnya melalui brace ke gawang Koeln.

Bahkan, gol kedua dilesakkan dengan cara elok. Haaland mengecoh kiper dan menceploskan bola dengan sepakan kaki kiri dari sudut sempit. Dengan begitu, total 5 gol sudah dibukukannya hanya dari dua pertandingan bersama Dortmund.

Erling Haaland Bisa Cetak 117 Gol Musim Ini

Erling Haaland pun menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang mampu menorehkan 5 gol dalam dua pertandingan perdananya di pentas Bundesliga 1. Bahkan, waktu bermainnya hanya 57 menit, alias tak sampai satu jam berada di lapangan.

“Dia belum siap tampil sebagai starter. Kami punya rencana untuknya,” ucap pelatih Lucien Favre menanggapi keputusan memainkan Haaland sebagai pengganti dalam dua pertandingan perdananya.

Dengan catatan elok itu, tak salah rasanya jika ada yang menyebutnya sebagai “bocah ajaib”. Usianya baru 19 tahun, tapi pada separuh musim pertama 2019-2020 bersama RB Salzburg, 28 gol sudah dibukukan dari 22 penampilan. Termasuk 8 gol dari 6 pertandingan di Liga Champions.

Termasuk tambahan 5 gol bersama Borussia Dortmund, berarti Erling Haaland sudah mengoleksi 33 gol pada musim ini. Rataan golnya pun cukup menonjol, yakni 1 gol setiap 46 menit (1 setiap 12 menit bersama Dortmund). Jika diasumsikan rataan gol itu bisa dipertahankan, artinya Erling Haaland akan menutup musim dengan total 117 gol!