Dahulu Luis Milla Pakai Taktik Holistik di Timnas Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Luis Milla saat di Timnas Indonesia bukan tak mementingkan fisik, tapi memakai metode holistik. Legenda Timnas, Bambang Nurdiansyah, menyebut kalau metode itu menggabungkan latihan fisik dan teknik menjadi satu.

Timnas Indonesia memang pernah dilatih dua nama beken di sepak bola. Sebelum Shin Tae-yong, ada pula Luis Milla yang menampilkan sepak bola kaki ke kaki saat membesut Indonesia antara 2017 sampai 2018 lalu itu.

Bila Shin Tae-yong mengedepankan fisik, Milla punya metode berbeda di Timnas Indonesia. Bambang Nurdiansyah menyebut kalau eks pemain Real Madrid itu memakai metode holistik periodesasi saat menangani Timnas Indonesia.

Dahulu Luis Milla Pakai Taktik Holistik di Timnas Indonesia Staf Pelatih Timnas Indonesia Masih Digaji Penuh oleh PSSI Luis Milla Komentari Pemain Andalannya yang Ditepikan Shin Tae-yong
Indra Eka/Football5Star

“Metode Luis Milla itu namanya periodesasi taktikal. Dia fisiknya dijadikan satu sama taktikal. Ada ilmu kepelatihan namanya Bompa. Kalau itu fisik dulu dibenahi, nanti tekniknya berapa persen, nanti taktikalnya berapa pesen,” ungkap Bambang Nurdiansyah kepada Football5Star.

“Nanti mendekati pertandingan fisiknya berkurang, taktikalnya dikedepankan. Kalau Milla ini pakai namanya periodesasi yang Pradu. Itu fisiknya jadi satu sama taktikal,” sambung dia.

Jadi saat melatih aspek taktik, Luis Milla meramunya bersamaan dengan fisik saat menahkodai Timnas Indonesia. Dia menjelaskan kalau memang semuanya sah-sah saja karena pelatih memiliki cara tersendiri dalam menerapkan menu latihan.

“Ketika melatih taktikal, ada aspek fisik. Bahasa kerennya itu namanya holistik. Gak ada yang salah, tinggal pelatihnya sekarang pakai yang mana kira-kira,” tutup Bambang.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More