Dahului Barcelona, Bilbao Buat Program Perlindungan Anak-Anak

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona sudah bertahun-tahun bermitra dengan lembaga anak-anak sedunia, UNICEF. Namun, dalam urusan perlindungan anak-anak, mereka rupanya tertinggal dari klub lain. Athletic Bilbao berada di depan mereka dalam hal yang satu itu.

Baru-baru ini, manajemen Athletic Bilbao mengumumkan tengah mempersiapkan sebuah program perlindungan anak-anak. Hal itu menjadikan mereka sebagai pionir. Sebelum ini, di Spanyol, tak ada lembaga olahraga yang memiliki program tersebut.

Sosok yang ditunjuk sebagai pemimpin untuk program itu adalah Inaki Alonso. Dia adalah ahli hukum yang pernah bekerja untuk UNICEF dan Save The Children. Menurut dia, inti program ini adalah soal langkah pencegahan.

Bersama Inaki Alonso, Athletic Bilbao mendahului Barcelona dan Real Madrid soal perlindungan anak-anak.
elpais.com

“Ketika bicara soal perlindungan, orang-orang selalu melihat pada kasus terburuk, yakni penganiayaan dan salah asuh. Namun, perlindungan, pada kenyataannya, adalah sesuatu yang lebih luas. Itu berkaitan dengan pencegahan, studi tentang semua elemen yang menyertai anak-anak bergerak setiap harinya,” urai Inaki Alonso seperti dikutip Football5Star.com dari El Pais.

Menurut Inaki Alonso, program ini tidak muncul karena adanya masalah di klub terkait anak-anak. Program tersebut diluncurkan atas dasar kesadaran terhadap arti penting perlindungan anak-anak yang berada di dunia olahraga.

“Kami perlu mengaktivasi chip mental untuk melindungi anak-anak di bawah umur dalam situasi tertentu yang dapat dideteksi dari diri mereka, menganalisis perilaku-perilaku tak biasa, dan waspada. Sangat penting membuat keluarga-keluarga merasa aman dan menilai Athletic peduli terhadap keselamatan anak-anak mereka,” ujar dia lagi.

Inaki Alonso menambahkan, sebenarnya ada beberapa klub yang punya kepedulian yang sama dalam hal perlindungan anak-anak. Namun, bedanya, Athletic Bilbao akan memasukkan itu sebagai program berkelanjutan. Nantinya, program itu dapat diadaptasi oleh klub-klub lain.

Comments
Loading...