Dalam Memilih Skuat, Hodgson Tak Minta Saran Rooney

Wayne Rooney memang masih akan menjabat kapten timnas Inggris pada Piala Eropa 2016. Meski begitu, tak berarti manajer Roy Hodgson meminta masukan Rooney dalam pemilihan skuat.

Pada Senin (16/5), Hodgson sudah memilih 26 pemain yang akan dibawa ke Prancis pada Juni mendatang. Nantinya, 3 nama akan dicoret guna memenuhi kuota 23 pemain.

Dari ke-26 nama yang dipanggil, Hodgson mengaku semua murni pilihannya sendiri. Dia tak melibatkan Rooney dalam menenetukan siapa-siapa saja yang akan dibawanya.

“Saya tidak berkonsultasi dengan Wayne Rooney terkait pemilihan, karena itu tidak benar. Tanggung jawabnya adalah sebagai pemain, lalu kapten. Saya tidak akan melibatkan dia dalam memutuskan siapa yang saya pilih. Saya dan asisten (Ray Lewingston dan Gary Neville), sudah memantau banyak pertandingan dan tak perlu melibatkan orang keempat,” papar dia seperti dilansir BBC.

Hodgson sendiri sempat diterpa kritik terkait putusan tetap mengajak Rooney masuk skuat. Pasalnya, striker Manchester United itu tidak dalam performa terbaik sepanjang musim dan banyak didera cedera.

Namun, sejak sebelum memilih 26 nama, Hodgson sudah memastikan peran Rooney tetap vital di dalam tim. Apalagi, Rooney menjadi satu dari hanya segelintir pemain paling berpengalaman yang ada di skuat.

“Rooney adalah kapten dan dia sudah melakukan pekerjaan bagus. 109 pertandingan dan 51 gol, tak banyak pemain di Eropa yang bisa mencapai prestasi seperti dia. Kami puas dengan gol-gol yang diciptakannya selama kami menjalani kualifikasi,” puji Hodgson.

“Saya harus memilih skuat untuk melawanTurki, Portugal, dan Australia. Rooney adalah pemain penting tapi tak ada tuntutan untuk memainkannya sejak laga pembuka. Saya tidak dalam tekanan untuk memilih dia,” pungkas Hodgson.