Daley Blind Terkena Serangan Jantung dan Tak Sadarkan Diri

Football5star.com, Indonesia – Pemain belakang Ajax Amsterdam, Daley Blind dikabarkan tak sadarkan diri karena mengalami serangan jantung. Hal itu terjadi pada saat Ajax jalani laga persahabatan melawan Hertha Berlin, Rabu (25/8/2020).

Dikutip Football5star.com dari goal, pemain berusia 30 tahun tersebut tiba-tiba jatuh pingsan di akhir pertandingan dan langsung mendapat perawatan dari tim medis Ajax. Blin sendiri memang sempat didiagnosis mengalami peradangan otot jantung pada 2019.

Pada 2019 itu, Blind sempat dipasangi alat bantu jantung (ICD) saat mengaku pusing saat Ajax melawan Valencia. Semenjak saat itu, Blind memang selalu dipasangi alat ICD.

Pelatih Ajax Erik ten Haag mengonfirmasi bahwa ada peringatan yang dikirimkan oleh ICD Blind saat ia pingsan selama pertandingan melawan Hertha. Menurut Ten Haag, kondisinya Blind saat itu dalam kondisi baik.

“ICD Daley Blind mengirimkan peringatan. Ia langsung diganti dan ia merasa baik-baik saja sekarang, ia merasa baik-baik saja. Kami akan melakukan penelitian tentang ini sekarang,” ucap Ten Haag.

Pada awal Desember 2019, Blind juga sempat menepi selama dua bulan akibat penyakit jantungnya tersebut. Dengan kejadian seperti saat ini, Blind bisa terancam kembali menepi jika tim medis memastikan seberapa parah kondisi jantungnya.

Penyakit jantung memang jadi momok bagi pesepak bola. Beberapa waktu lalu, mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas juga mengalami serangan jantung.

Berdasarkan laporan Owen Anderson dalam artikelnya yang berjudul “Heart Attack Risks Are Greater for Athletes Who compete In Endurance Sports”, kemungkinan pesepak bola terserang penyakit jantung sama seperti yang dialami atlet olahraga ketahanan seperti balap sepeda, maraton, dan triatlon.

Olahraga dengan mobilitas tinggi seperti sepak bola sangat rentan terhadap penyakit jantung. Pesepak bola profesional bahkan lebih tinggi lagi risikonya karena intensitas latihan yang tinggi dan jumlah pertandingan yang dijalani.

Ajax AmsterdamDaley BlindEntertainment