Dampak Salam Nazi untuk Marco van Basten

Football5star.com, Indonesia – Legenda tim nasional Belanda Marco van Basten beberapa waktu lalu lakukan hal kontroversial. Ia melakukan salam Nazi saat menjadi komentator di laga Ajax vs Heracles.

Meski sudah meminta maaf atas keteledorannya tersebut, van Basten harus menerima dampak negatifnya. Seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Rabu (4/12/2019) nama van Basten dicoret dari gim FIFA 20.

“Kami menyadari dengan komentar yang baru dibuat oleh Marco van Basten. Kami memiliki komitmen menjaga kualitas dan keragaman.” tulis pernyataan resmi EA.

Marco van Basten meminta maaf atas ucapan yang tak sepatutnya dilontarkan.
prensalibre.com

“Atas dasar tersebut, kami akan mencoret item ikon Marco van Basten agar tidak tersedia di gim FIFA 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut,”

Van Basten mengatakan ‘seig heil’ yang berarti salam kemenangan. Salam ini dianggap berkonotasi dengan Nazi.

Lebih mirisnya lagi ucapan salam Nazi itu dikatakan oleh Van Basten di saat kedua tim, Ajax vs Heracles sebelum pertandingan mengkampanyekan sikap menentang rasialisme di sepak bola.

“Bukan niat saya untuk membuat semua orang terkejut. Saya hanya ingin membuat komentar dengan bahasa Jerman saat itu,” kata eks pemain AC Milan itu.

Comments
Loading...