Daniele Orsato, Momok AS Roma di Derby della Capitale

Football5Star.com, Indonesia – AS Roma saat ini memang menempati posisi lebih baik di classifica Serie A dibanding Lazio. Namun, pada Derby della Capitale, akhir pekan ini, I Giallorossi tak bisa jemawa. Pasalnya, mereka akan berhadapan dengan momok bernama Daniele Orsato.

Seperti ditetapkan Komisi Wasit FIGC, Orsato adalah wasit yang ditugasi memimpin laga Lazio vs Roma pada giornata ke-18 Serie A. Ini jadi kabar buruk bagi anak-anak asuh Paulo Fonseca. Bukan apa-apa, mereka tak punya rekor bagus menjalani Derby della Capitale dengan wasit ini.

Sepanjang sejarah, Orsato telah empat kali memimpin Derbi Roma. Hasilnya, I Giallorossi tak pernah menang. Mereka menuai dua hasil imbang dan dua kekalahan. Tak pelak, secara psikologis, penunjukan Orsato sebagai wasit tidaklah mengenakkan bagi Edin Dzeko cs.

tuttomercatoweb.com

Edisi pertama Derbi Roma yang dipimpin Orsato berlangsung pada final Coppa Italia 2012-13. Kala itu, I Giallorossi bertekuk lutut 0-1 gara-gara gol Senad Lulic pada menit ke-71. Dua laga Lazio vs Roma berikutnya yang dipimpin wasit ini berakhir imbang 0-0 dan 2-2.

Adapun Derby della Capitale terakhir yang diwasiti Orsato adalah pada giornata ke-34 musim 2016-17. Di kandang sendiri, AS Roma kalah 1-3. Antonio Ruediger dikartu merah pada laga itu. Satu-satunya gol I Giallorossi dijaringkan Daniele De Rossi dari titik penalti. Adapun tiga gol Gli Aquile berasal dari Dusan Basta dan brace Keita Balde.

Roma Belakangan Jarang Kalah

tuttomercatoweb.com

Meskipun demikian, bukan berarti AS Roma benar-benar harus ketar-ketir menjalani laga Derby della Capitale nanti. Daniele Orsato sejatinya tidak selalu mendatangkan hasil buruk bagi I Giallorossi. Dari 33 laga, mereka justru lebih sering menang. Rinciannya, 13 kali menang, 12 seri, dan hanya 8 kali kalah.

Belakangan ini, Roma juga punya rekor bagus saat menjalani laga pada pentas Serie A dengan Orsato sebagai wasit. Dalam enam kesempatan terkahir, hanya sekali mereka kalah. Itu dialami di kandang Atalanta pada 15 Februari 2020 dengan skor 1-2.

Dalam 5 laga lainnya yang dipimpin Daniele Orsato, AS Roma memetik dua kemenangan atas Fiorentina dan sekali menaklukkan AC Milan. Sisanya, I Giallorossi diimbangi Sassuolo dan Sampdoria dengan skor identik 1-1.

AS RomaDaniele OrsatoDerby della CapitaleLazioLiga Italiaserie a