Dapat Guyuran Dana Rp 50 Miliar, PSSI Dipantau KPK

Football5Star.com, Indonesia – PSSI masuk pantauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai mendapatkan guyuran dana Rp 50 miliar untuk Piala Dunia U-20 2021. Hal itu dilakukan KPK agar PSSI benar-benar dalam menggunakan bantuan tersebut.

Seperti diketahui, PSSI disetujui mendapat anggaran dana dari Kemenpora senilai Rp.50.619.561.500. Pengajuan yang disetujui yakni, 46 atlet, pelatih 7 orang, 8 tenaga pendukung. Uang tersebut jua harus digunakan PSSI hanya untuk Honorarium, Akomodasi dan Konsumsi, Suplemen, Training Camp Luar Negeri, Transportasi, dan sebagainya.

Uang tersebut merupakan dana dari APBN sehingga harus diawasi dengan ketat. Maka dari itu, KPK akan turun tangan langsung melakukan pengawasan supaya dana sebesar itu tak diselewengkan.

Dapat Guyuran Dana Rp 50 Miliar, PSSI Dipantau KPK

“Sebagai upaya pencegahan peluang terjadi korupsi maka penggunaan anggaran yang bersumber dari negara tentu harus dilakukan dengan berpegang pada prinsip-prinsip transparansi dan akuntabel,” kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dikutip dari Kumparan.

Menurut Ali Fikri, KPK memang dibolehkan untuk melakukan pengawasan sesuai dengan aturan yang ada termasuk kepada PSSI. Apalagi, hal ini menyangkut kepada dana APBN yang harus digunakan dengan baik dan benar.

“Dimungkinkan bagi KPK untuk melakukan pengawasan sesuai dengan tupoksi KPK pasal 6 huruf c uu KPK, salah satu tugas KPK adalah monitor penyelenggaraan pemerintahan negara. Salah satu bentuk monitor yang bisa dilakukan melalui kajian,” tutup dia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More