Dapat Jatah Gratis ke Liga Champions, Fan Lyon Berpesta

Football5star.com, Indonesia – Keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Europa musim ini membawa berkah tersendiri untuk klub asal Prancis, Lyon. Mereka mendapat jatah gratis lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.

Fenomena ini tak lepas dari keberadaan Chelsea di peringkat ketiga klasemen Premier League. Sebelum memenangi Liga Europa mereka sudah memastikan satu tempat di Liga Champions. Tapi kini mereka ke kasta tertinggi kompetisi Eropa tersebut menyandang status sebagai juara Liga Europa.

Alhasil status anak asuh Maurizio Sarri sebagai tim peringkat ketiga pun berpindah tangan ke kompetisi Ligue 1. Dan dalam hal ini yang beruntung adalah Lyon yang menempati peringkat ketiga.

Kepastian ini sekaligus menjadi pelipur lara Nabil Fekir dkk karena pada musim ini jatah Liga Prancis untuk bermain di Liga Champions menjadi dua klub saja. Artinya hanya Paris Saint-Germain dan Lille  yang sudah memastikan dua tempat teratas.

Tapi sekarang semua pun berubah. Klub besutan Bruno Genesio mendapat durian runtuh karena kebijakan baru UEFA. Tak ayal hal tersebut membuat fan Lyon kegirangan. Mereka bahkan turun ke jalan untuk merayakan keberuntungan yang menaungi klubnya itu.

sarri sukses di chelsea
newsok.com

Tidak sampai di situ, para suporter bahkan rela mendukung The Blues di final Liga Europa kemarin melawan Arsenal sampai mengadakan nonton bareng di beberapa cafe di Lyon. Hal ini dilakukan demi melihat klub kesayangannya tampil lagi di ajang Si Kuping Besar.

Di sisi lain, bukan hanya raksasa Prancis itu yang mendapat keuntungan atas keberhasilan Chelsea. Ada juga klub Turki, Istanbul Basaksehir, dan klub Austria, LASK Linz, yang berhak tampil di babak kualifikasi Liga Champions musim ini.